Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

9 Cara Ngecas Baterai HP yang Baik dan Aman, biar Awet

Posting Komentar
cara ngecas hp yang benar dan aman

Baterai merupakan salah satu komponen vital yang di miliki oleh Handphone, Peran daripada baterai ini sangatlah penting, Kalau bahasanya Baterai merupakan sumber kehidupan dari nyala atau tidaknya sebuah handphone.

Tidak heran banyak orang yang mencari handphone dengan Kapasitas besar atau biasanya mereka mencari Handphone yang sudah mendukung teknologi fast charging, Memang benar mencari kapasitas baterai yang besar juga perlu, Tetapi tidak menjamin umur baterai tersebut. 

Maksudnya begini, waluapun kapasitas baterai kalian beribu-ribu mAh, tetapi dalam penggunaannya kalian sering tidak memeperhatikan beberapa faktor yang fatal yang bisa memperpendek umur baterai kalian.

Hal yang mendasar dari Awet tidak nya baterai adalah dalam hal Pengisian daya, Hal ini juga sangat vital, jika kalian tidak memeperhatikan ini, bisa jadi umur baterai kalian tidak akan lama atau bisa jadi meledak akibat overheat, Nah oleh karena itu dalam pengisian daya atau charge ada prakteknya yang seharusnya di terapkan oleh pengguna handphone.

9 Cara Ngecas HP yang Benar dan Aman

Berikut ini, akan ada Tips dan Trik tentang Pengisian daya pada baterai Handphone dengan benar dan aman, agar baterai kalian tetap awet dan tahan lama, Berikut ulasannya.

1. Jangan Ngecas HP dengan Laptop

cara ngecas hp yang benar

Ada bahaya yang mengancam jika kalian sering mengisi ulang daya HP dengan Laptop, Sebenarnya boleh-boleh saja jika dalam situasi darurat. Jika kalian tetap melenceng akan hal ini, bisa jadi HP kalian akan cepat rusak.

Kenapa? karena aliran listrik yang di hasilkan oleh Laptop melalui Port USB, tidaklah kuat untuk mengisi daya, akibatnya proses pengisian daya akan menjadi lebih lama, Arus listrik yang biasanya di hasilkan oleh laptop hanyalah 0,5 A saja.

Selain membuat HP jadi lebih cepat rusak, Hal yang di akibatkan oleh Pengisian daya melalui laptop selanjutnya adalah Membuat baterai laptop kalian jadi cepat rusak dan juga Rawan akan pencurian data yang di lakukan oleh Hacker tidak bertanggung jawab. 

Jadi harus selektif nih, kalau ngecas melalui Port USB dari leptop, bisa jadi bahaya-bahaya diatas bisa terjadi jika kalian tidak memperhatikannya.

2. Gunakanlah Charger Asli atau Bawaan HP

cara ngecas hp yang benar

Banyak kalangan para pengguna Handphone, Biasanya menyepelekan hal ini. Tidak menggunakan Chargerasli, hal ini bisa berdampak ke proses kinerja sistem pengisian ataupun umur baterai kalian.  Dalam kasus nya hal seperti ini banyak sekali di lakukan oleh pengguna Handphone, Mereka tidak mengetahui sebanarnya aturan yang baik dan aman untuk Ngecas handphone mereka.

Jika kalian salah satunya, Cepat hentikan dan jangan sekali-kali lagi coba Ngecas handphone dengan Charger palsu atau tidak bawaan hp. Kenapa sih ngak boleh? Menurut data dari Androidpit tentang Fake Charger Problems Dangers, bahwa menggunakan Charger palsu bisa mengakibatkan Bahaya yang fatal, Seperti Resiko tersengat listrik dan Ledakan, Bisa merusak handphone, dan Kerusakan baterai.

Maka dari itu, kalian harus bisa Membedakan mana Charge asli mana Palsu , Jangan sampai tertipu dengan bentuk Port USB yang sama. Charger USB pun juga memiliki kinerja yang berbeda-beda, terutama pada kekuatan arus ampere yang di hasilkannya.

3. Jangan Keseringan Ngecas dengan Powerbank

cara ngecas hp yang benar

Perangkat baterai portabel atau bisa disebut dengan Powerbank, merupakan salah satu perangkat yang di gunakan untuk Pengisian daya gadget, Fungsi powerbank ini juga bisa disebut sebagi bank penyimpanan daya atau bisa di analogikan sebagai baterai cadangan. 

Dalam prakteknya penggunaan powerbank banyak di lakukan saat kondisi darurat ataupun saat berada jauh dari sumber daya listrik.

Tetapi, kalian harus hati-hati nih yang biasanya menggunakan powerbank untuk Ngecas HP, Jangan terlalu keseringan menggunakannya sebagai alat pengisian daya untuk HP kalian. Kebiasaan ini bisa mengakbiatkan beberapa akibat yang merugikan, seperti membuat umur baterai kalian menjadi pendek.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena, Powerbank tidak lah seperti Charger via listrik, Arus daya yang di alirkan oleh Powerbank tidak sepenuhnya stabil. Apalagi kalau yang digunakan jenis Powerbank abal-abal, bisa berdampak lebih buruk lagi.

4. Saat Ngecas sebaiknya Matikan HP

cara ngecas hp yang benar

Yang selanjutnya ini, juga sering tidak di perhatikan oleh Para pengguna Handphone. Jangan melakukan pengisian daya saat HP dalam keadaan menyala, Lebih baik matikan HP terlebih dahulu, Mau tau akibatnya jika mengabaikan hal ini? Ini dia penjelasan singkatnya

Menurut penelitian dari dosen jurusan Teknik Elektro Universitas Indonesia, Agus R. Utomo, menjelaskan bahwa melakukan Pengisian daya baterai HP pada saat menyala dapat berakibat tidak baik, Menurutnya jika mengisi daya pada saat kondisi HP menyala teus-menerus akan mengakibatkan kerusakan material pada baterai.

Nah, jadi sebaiknya Matikan dulu deh saat melakukan Pengisian daya, Kalau kalian mau Baterai tetap awet dan tahan lama.

5. Jangan Ngecas sampai 100% penuh

cara ngecas hp yang benar

Siapa disini yang ngecas hp sampai benar-benar penuh atau 100%..? hal ini sebenarnya bisa membuat baterai HP jadi tahan lama, Presepsi ini salah besar dan harus di benarkan. Berdasarkan penjelasan dan penelitian yang di lakukan oleh Cadex Electronics Inc, Bahwa mengisi daya HP sampai 100% bisa memperpendek usia baterai atau bisa membuatnya cepat rusak.

Menurut Cadex, kandungan kimia yan terdapat di dalam baterai Lithium-ion (Li-ion) sangatlah sensitif dan rentan sekali akan kerusakan. Menurut beberapa data yang di sudah di percaya, Bahwa Sebaiknya pengisian daya HP antara 10% sampai 15% dan segera berhenti mengisi daya sebelum 100%/

Artinya jangan sampai baterai penuh saat proses pengisian daya. Aturan yang seharusnya di terapkan adalah segera mencabut pengisian daya saat mencapai batasan antara 80%-85% saja.

6. Ngecas sebelum Benar-benar baterai Habis

cara ngecas hp yang benar

Melakukan pengisian daya saat HP sudah dalam keadaan drop atau baterai sudah kehabisan daya, Sebenarnya tidak baik untuk kesehatan baterai itu sendiri. Jangan sampai biarkan HP kalian mati total karena kehabisan daya, Jika kalian membiarkannya akan terjadi beberapa resiko.

Terutama Panas berlebihan yang ditimbulkannya, Selain panas juga terjadi reaksi kimia di dalam baterai dan akibatnya akan menghasilkan gas berlebihan, Nah gas ini yang menjadi penyebab baterai HP mudah Kembung.

Menurut Mark Carlson, Engineer senior di Motorola, mengungkapkan bahwa Pengguna handphone sebaiknya mengisi baterai ketika menuju kosong, Maksudnya jangan sampai benar-benar kosong karena sama saja dengan memeberi makan untuk manusia yang benar-benar sudah mati.

Nah, menurut beberapa rekomendasi untuk kisaran pengisian daya yang aman adalah saat Baterai masih menyisiahkan kisaran 30 - 40 persen. Jika baterai kalian ingin Awet maka jangan keseringan Ngecas saat baterai di bawah 15 persen.

7. Sebaiknya Turunkan Kontras HP saat Ngecas

cara ngecas hp yang benar

Jika kalian lebih memilih untuk Ngecas hp dalam keadaan hidup, Kalian harus memeperhatikan dan menerapkan hal ini yaitu Menurunkan Kontras/ Kecerahaan pada Handphone kalian, Karena kontras HP merupakan salah satu penguras daya baterai, Oleh karena itu turunkan Kontras HP ke titik terendah saat pengisian daya.

Kalau kalian tidak menerapkannya akibatnya akan Terjadi Panas pada HP dan juga Proses pengisian daya akan jadi lebih lama. Sebaiknya, Turunkan kontras terlebih dahulu kalau kalian memutuskan untuk Ngecas dalam keadaan hidup, agar tetap aman.

8. Copot Casing atau Softcase HP

cara ngecas hp yang benar

Melepas komponen penutup HP juga menjadi salah satu rekomendasi untuk Ngecas HP dengan baik dan aman, Kalian bisa melepas terlebih dahulu Casing atau Softcase yang terpasang di HP kalian, Tujuannya simpel hanya untuk Mencegah terhambatnya pembuangan hawa panas yang terjadi saat Pengisian ulang daya baterai.

Iya memang benar, jika saat pengisian ulang Hawa panas akan terjadi, Hal ini bisa di sebabkan oleh beberapa sebab, telebih kalau Charger yang di gunakan tidak Ori atau Bawaan HP. 

Jika Handphone kalian menggunakan Baterai jenis tanam, yang biasanya casing belakangnya susah untuk di lepas atau buka, maka biarkan saja, Buka saja softcase HP kalian jika ada. 

HP keluaran terbaru memang saat ini sudah meminimialisir hal semacam ini, Jadi memang bermanfaat sekali saat dalam pengisian daya, Tetapi apa salah-nya kalau kita Melepas komponen tersebut.

9. Gunakan Baterai HP Original

cara ngecas hp yang benar

Yang terakhir adalah penggunaan Baterai HP Original, Sebisa mungkin beli dan gunakan jenis baterai yang Asli atau Original dari brand tersebut, Nah begini Cara Membedakan Baterai Original dan Palsu .Jika baterai HP kalian di rasa sudah drop atau kembung mungkin, Silahkan ganti segera dan gunakanlah Baterai yang asli.

Biasanya baterai yang asli atau original susah untuk dibedakan dan lebih sulit cara menilai kualitasnya, Namun sebisa mungkin gunakan lah Baterai original, Nah baterai asli ini biasanya di sediakan dan bisa kalian beli langsung di Service center resmi daro Brand HP yang kalian gunakan.

Dampak jika kalian menggunakan baterai jenis KW, maka akan berdampak pada kinerjanya yang tidak sebaik baterai Original, Biasanya baterai KW umurnya akan pendek, mudah rusak, dan juga fisiknya mudah untuk kembung.

Kesimpulan

Yang perlu di perhatikan disini adalah Banyak pengguna HP saat ini melakukan suatu praktik yang sebenarnya bisa memperpendek usia baterai tersebut, Hati-hati baterai itu adalah suatu komponen yang vital dan rawan akan ledakan, maka dari itu kalian harus pintar-pintar dalam memanfaatkannya.

Seperti dalam artikel yang sudah kita ulas diatas, Kalian bisa menerapkannya secara langsung Bagimana ngecas HP dengan benar dan aman, Semoga bisa bermanfaat dan Selamat mencoba.

Related Posts

Posting Komentar