Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

3 Cara Mengecilkan Resolusi Foto dengan Mudah dan Cepat

Posting Komentar
cara mengecilkan resolusi foto dengan mudah

Mengkompres foto atau Mengecilkan kualitas foto adalah salah satu bentuk guna Membuat ringan foto atau membuat kecil size foto tersebut, Untuk cara mengecilkan resolusi foto sebenarnya ada berbagai cara, cara nya pun bermacam-macam dan gampang pastinya.

Tapi nanti kalian harus menerima jika kualitas foto kalian menurun atau menjadi sedikit kabur, hal itu disebabkan karena proses Kompres, memang sebuah foto jika selesai di kompes akan menjadi rendah kualitasnya, dan akan menjadi kecil juga Ukuran fotonya.

Nah, dalam artikel ini kalian akan mengetahui Cara-cara mengecilkan resolusi foto, Namun kali ini kita akan menjelaskannya menjadi 3 alternatif berbeda, yaitu melalui PC/ Leptop, Android, dan melalui Website atau dengan cara Online.

Cara Mengecilkan Resolusi Foto di HP

Kali ini dalam mengecilkan resolusi foto menggunakan Android, Yang di maksud disini adalah menggunakan bantuan Aplikasi Android yang tersedia gratis di Google Playstore, Penasaran bagaimana caranya? yuk langsung saja kita simak langkah-langkahnya

  • Pertama kalian bisa mendownload, Aplikasi QReduce Lite
  • Jika sudah kalian Download, silahkan buka Aplikasinya, Kemudian klik Pilih Foto

cara mengecilkan resolusi foto

  • Pada langkah diatas, Kalian akan dialihkan ke Galeri untuk memilih Foto yang nantinya di Kompres.
  • Jika sudah memilih foto, Selanjutnya adalah mengubah Size foto tersebut dengan menuliskan angka pada kolom yang disedikan, menjadi berapa KB kah Foto yang ingin kalian Kompres itu. Jika sudah kalian isi tingal klik Mulai.

cara mengecilkan resolusi foto

  • Hanya dalam hitungan detik, Foto tersebut akan terkompres menjadi size yang sebelumnya kalian inputkan, Stop disini foto kalian sudah terkompres dan Otomatis juga sudah tersimpan di Galeri
cara mengecilkan resolusi foto

  • Kalian bisa melihat sendiri, Foto yang sebelumnya berukuran 245,45 KB, Setelah di kompres menjadi 49,76 kb.
Bagimana mudah bukan, Aplikasi QReduce lite bisa kalian gunakan Tanpa koneksi internet, Artinya aplikasi ini Offline. 

Sebenarnya bukan hanya itu saja Aplikasi untuk Mengkompres foto, Masih ada beberapa lagi aplikasi yang bisa di gunakan secara gratis untuk mengkompres foto, Tapi menurut saya Aplikasi ini sangat mudah di gunakan dan ukuran aplikasinya pun tidak sampai 2 MB.

Cara Mengecilkan Resolusi Foto di Laptop

  • Cara mengkompres foto dengan Laptop sangatlah mudah, kita kali ini akan memanfaatkan Software bawaan, yaitu Paint
  • Pertama adalah, memilih foto yang ingin kalian Kompres, setelah itu klik Resize.

cara mengecilkan resolusi foto

  • Jika sudah, akan tampak menu Toolbar seperti di bawah ini, Langkah selanjutnya klik Pixels dan kemudian Ubah Horizontal dan Vertical nya dengan ukuran yang kalian ingin sesuaikan, Semakin sedikit ukurannya semakin kecil size foto nya. Jika sudah kalian atur, tinggal klik Ok

cara mengecilkan resolusi foto

  • Sampai disini, Proses pengkompresan sudah berhasil, kalian bisa melihat foto di bawah ini, ini adalah Hasil ukuran foto Sebelum dan Sesudah di Kompres.

cara mengecilkan resolusi foto

Nah, gimana mudah bukan? Ingat jika Setalah mengkompres foto, Otomatis kualitas gambar pun jika akan meurun. 

Cara Mengecilkan Resolusi Foto secara Online

Cara mengkompres dengan metode online atau tanpa aplikasi pun juga tidak kalah gampang nya, Kali ini akan ada beberapa Website online penyedia tools pengkompresan gambar hanya dalam hitungan detik saja, Apa saja Website tersebut, mari kita simak.

1. Compressor.io

cara mengecilkan resolusi foto

Yang pertama, adalah Compressor.io Website ini menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk pengkompresan gambar. Ada 4 format yang di dukung oleh Compressor.io ini, yaitu JPEG, SVG, GIF, dan PNG.  

Selain itu ada 2 tipe pengkompresan foto, yaitu Lossless dan Lossy. Limit file yang bisa di kompres adalah 10 MB, Proses pengkompresan pada website ini pun cukup mudah, dan hanya membutuhkan hitungan detik saja,Foto kalian langsung akan terkompres. (Kunjungi sekarang)

2. TinyJPG

cara mengecilkan resolusi foto

TinyJPG, adalah website kompres foto yang di buat oleh VOORMEDIA, Secara penampilan dan design website ini, TinyJPG mengambil pict tentang Panda, Tampilannya memang unik dan menarik, gambarnya terlihat hidup jadi bagi siapa saja yang mengunjungi nya tidak cepat bosan.

Ada dua fotmat file yang di dukung oleh TinyJPG, yaitu JPG dan PNG. Limit size foto yang bisa di kompres dengan TinyJPG adalah 5 MB, dan maksimal kalian bisa langsung Mengkompres 20 foto dalam satu kali proses pengkompresan. (Kunjungi sekarang)

3. ILoveIMG

cara mengecilkan resolusi foto

Website online pengkompres gambar selanjutnya adalah ILoveIMG, Kalau kalian mengkunjugi website ILoveIMG ini, sebenarnya akan ada beberapa Tools selain compress gambar, seperti Crop image, Resize image, Convert to JPG, Meme generator, Watermark image, dan lain sebagainya, jadi ILoveIMG ini tidak berfokus pada tools pengkompresan gambar nya saja.

Terdapat 3 format file foto yang di dukung oleh ILoveIMG, antara lain adalah JPG, PNG, dan GIF. dan ada lebih dari 20 bahasa yang di dukung oleh ILoveIMG, Untuk proses pengkompresannya pun juga cukup cepat dan mudah di lakukan. (Kunjungi sekarang)

4. Kraken.io

cara mengecilkan resolusi foto

Nah, Kraken.io ini menjadi Tools online favorit saya jika untuk pengkompresan foto, Menurut saya sendiri Penggunaannya sangat lah mudah, Tampilannya juga simple dan tidak ada iklan sama sekali, itulah mengapa saya menyukainya. 

Namun jika kalian tidak membeli akses Premium dari Kraken.io, kalian hanya akan menikmati beberapa fitur yang terbatas, seperti contoh limit size yang disediakan untuk Free adalah 1 MB saja sedangkan Premium adalah 32 MB. 

Tapi walaupun kalian ingin menggunakan yang Free tidak apa-apa, karena memamng akses nya terbatas tetapi sama saja dalam Proses pengkompresannya. (Kunjungi sekarang)

5. Compress JPEG

cara mengecilkan resolusi foto

Yang terkahir ini saya juga sering menggunakannya, yaitu Compress JPEG, website ini menjadi yang terbaik sebagai Tools online untuk pengkompresn gambar, karena memiliki beberapa fitur yang berguna dan tidak di temukan di Tools kompres foto online lainnya. 

Fiturnya adalah Pegaturan Kualitas foto yang bisa di otak-atik sendiri, iyha sih fitur ini sudah ada di versi Aplikasinya, tapi lain dalam Online, fitur seperti ini masih jarang di temukan. Kalian bisa dengan mudah mengatur berapa kualitas foto yang diinginkan, semakin kecil kualitasnnya semakin kecil juga size fotonya. 

Kalian juga bisa langsung mengkompres foto dalam sekali proses pengkompresan dengan batasan 20 file foto, menurut saya sendiri Tools online seperti Compress JPEG ini sangatlah bagus dan mudah sekali di gunakannya. (Kunjungi sekarang)

Penutup

Semua metode pengkompresan di atas sebenarnya memiliki cara kerja yang sama semua, di mana saat Foto berhasil di kompres, otomatis kualitas dari foto juga akan menurun, jadi dari semua metode cara di atas tidak ada yang paling baik, semuanya Terbaik, Bagus, dan cocok dicoba.

Akhirnya sampai sudah kita di ujung artikel dalam pembahasan kali ini, Semoga cara-cara di atas bisa Bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Related Posts

Posting Komentar