Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

Apa itu Deep web? Apakah Deep web berbahaya? inilah jawabannya

Posting Komentar
apa itu deep web

Apakah kalian pernah mendengar isitilah Deep web? kalau iya mari kita memahaminya lebih lanjut dan kita akan ungkap secara lengkap fakta-fakta mengenai deep web. Sebenarnya deep web merupakan bagian terselubung dari internet, bagian lain dari internet yang banyak orang ketahui mungkin seperti Google, Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya, tapi itu hanya 4% bagian dari internet.

Seperti ilustrasi, bahwa internet dilambangkan seperti layaknya bongkahan gunung es. Bagian permukaan yang terlihat adalah surface web seperti Google, Bing, atau Facebook yang dapat di akses secara umum. Sedangkan bongkahan es yang ada di dalam laut adalah Deep web dan Dark web.


sisi terselubung internet

Kalian bisa melihat ilustrasi di atas, bahwa Surface web atau permukaan web hanya 4% saja bagian dari internet, 96% nya adalah sisi terselubung dari internet, untuk deep web 90% dan dark web hanya 6%

Oke, Banyak orang yang masih penasaran dan ingin tahu mengenai deep web, apa sih yang ada di dalamnya? bagaimana sih cara membukanya? emang aman ya kalau masuk deep web?, oke pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan terjawab dalam artikel berikut ini


Apa itu deep web?

Deep web dalam isitilah bahasa indonesia di sebut Web dalam, sebanrnya deep web adalah salah satu bagian dari World Wide Web (www) tetapi bukan halnya seperti Facebook, Twitter, CNN.com yang bisa di cari dengan mudah, Deep web ini tidak terindeks oleh mesih pencari web tapi untuk membukanya kalian bisa kok menggunakan browser web pada umumnya seperti Chrome, Firefox, Opera dan sebagainya.

Tapi apakah Deep web aman? ya aman lah, jika kalian ingin mengakses deep web itu tidak berbahaya. Pada umumnya isi atau konten yang ada di deep web meliputi aplikasi pesan instan yang tidak terindeks oleh mesin pencari, aplikasi atau situs online yang hanya bisa di akses oleh karyawan tertentu, penyimpanan file penting di cloud online, dsb.

Sebenarnya lebih dari 96% informasi yang kita dapatkan di internet ada di deep web. Pemerintah juga sering memanfaatkan deep web ini sebagai tempat penyimpanan informasi internal milik mereka. 

Nah, informasi tersebut tidak bisa di kosumsi publik, jadi hanya pemerintah atau pihak tertentu saja yang bisa mengaksesnya. Tak heran banyak penjahat siber yang berusaha membobol deep web.

Sudah paham kan sampai disini tentang deep web...


proses deep web di akses

Lalu apa perbedaan Deep web dengan Dark Web?

Seperti ilustrasi bongkahan gunung es bahwa sisi terselubung internet adalah Deep web dan Dark web, keduanya berbeda namun dark web meruapakan satu bagian dari deep web. 

Kalau kita amati lebih dalam lagi mengenai kedua sisi terselubung internet ini, yaitu deep web dan dark web memiliki perbedaan yang perlu kalian ketahui, agar tidak terjadi presepsi yang salah.

Untuk lebih jelasnya lihat tabel di bawah ini!

PERBEDAAN DEEP WEB DAN DARK WEB
Kategori Deep web Dark web
Pengertian Deep web merupakan sebuah situs web yang tidak terindeks oleh mesin pencari, di dalamnya tersimpan informasi-informasi penting dari pengguna internet, jadi peran deep web ini adalah untuk melindungi privasi di pengguna. Dark web merupakan situs yang berbahaya, karena dark web menyimpan banyak konten-konten yang terbilang ilegal yang di larang oleh pemerintah.
Keamanan Terbilang aman, dan bisa di akses oleh siapapun setiap harinya Berbahaya, karena di dalamnya akan ada pengintai yang mengawasi kalian. jadi harus menggunakan "pelindung" sebelum memutuskan masuk ke dalamnya.
Browser Tidak ada alat/ browser khusus untuk mengaksesnya. Membutuhkan browser Tor dan juga VPN untuk mengaksesnya, pastikan VPN sudah terjamin kemanannya.
Konten Legal Ilegal

Sisi Berbahaya 

Sudah saya singgug di atas bahwa Deep web tidak berbahaya, Namun ada akibat kepada pengguna yang menyimpan informasinya di deep web yaitu rawannya penjahat cyber yang sengaja masuk ke deep web guna mencuri data-data penting tersebut.

Jika, Dark web ini adalah suatu hal yang berbahaya bagi siapa saja yang mencoba memasukinya. ada perisapan dan keberanian sebelum memasuki dark web. Dark web inim adalah bagian gelap dari internet, jika rasa penasaran kalian sudah tak lagi terbendung dan ingin memasuki nya tanpa persiapan maka yang akan terjadi seperti berikut :


  • Perangkat kalian berpotensi terkena Virus berbahaya yang kemungkinan tidak bisa di sembuhkan
  • Siap-siap terkena kejahatan Cyber
  • Berdampak masuk Penjara
  • Konten-konten di dalamnya yang menjijikan dan tidak pantas

Oke begitulah sebab jika kalian nekat ingin masuk ke deep web, Emang apa aja sih isinya, sampai dampak nya kaya gitu amat? mungkin itu adalah pertanyaan kalian, Untuk menjawabnya lihat gambar di bawah ini.

konten berbahaya dari dark web


Cara memasukinya

Cara mengakses deep web tidak di perlukan alat/ software khusus, kalian hanya perlu Aplikasi Browser seperti umumnya.

Sebetulnya saya tidak merekomendasikan kalian untuk memasuki Dark web, saya sendiri sudah pernah mencobanya dan di dalamnya memang sangat mengejutkan, banyak sekali konten-konten Ilegal yang seharusnya tidak perlu kalian lihat.

Alat yang perlu kalian gunakan untuk memasuki dark web adalah Browser TOR dan juga VPN yang sudah terbukti kemanannya dan juga akun atau identitas palsu guna berjaga-jaga.

Untuk mengetahuinya lebih jelas dan lengkapnya kalian bisa membaca artikel Cara Mengakses Dark web dengan Aman

Baca Juga :

Kesimpulan

Bisa saya simpulkan bahwa Deep web berbeda dengan Dark web, Banyak yang menyebutkan bahawa deep web adalah dark web yang tidak aman dan berbahaya, itu salah. Yang justru berbahaya adalah Dark web.

Oke itulah ulasan mengenai Deep web, semoga kalian bisa mengambil sisi positif dari artikel ini. Saya membuatnya hanya untuk sharing dan pengetahuan saja.

Related Posts

Posting Komentar