Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

8 Cara Ampuh Membersihkan layar HP yang Kotor dan Tergores

Posting Komentar
cara membersihkan layar hp

Membersihkan layar Handphone seharusnya menjadi sebuah rutinitas mingguan ataupun harian bagi kita. Soalnya layar HP adalah salah satu komponen vital, bisa saja jika kita tidak rutin membersihkannya maka akan banyak kotoran dan bakteri yang menggangu aktifitas layar HP kita.

Walaupun HP kamu sudah diproteksi dengan tempered glass, tapi hal itu sama saja tidak berpengaruh, tetap saja kotoran akan menempel di layar HP. Kita tahu sendirikan bahwa jari tangan yang kita pakai untuk menyentuh layar HP akan penuh dengan kuman bila layar HP kita tidak rajin di bersihkan.

Selain kotoran, hal lain yang mungkin menggangu adalah goresan layar pada HP. Mungkin hal ini sulit untuk di hilangkan, tapi tenang kali ini akan ada sedikit tips untuk mengilangkan goresan yang ada pada layar HP.

Sempatkan lah untuk memebersihkan layar HP setidaknya buatlah jadwal tersendiri kapan layar HP kalian harus di berisihkan.


Cara Membersihkan layar HP yang Kotor

Untuk membantu kalian dan mengatasi layar kusam dan kotor, kali ini Katamtekno akan memberikan cara dan tips nya agar Layar LCD kalian tetap bersih. 


Matikan HP Terlebih dahulu

Ini penting yang harus kamu perhatikan, bahwa mematikan HP sebelum membersihkan layar itu perlu. Kamu hanya perlu menekan tombol Power pada HP, Bukan tanpa sebab jika kamu mematikan layar terlebih dahulu sebelum membersihkan HP kamu akan terhindar dari resiko kerusakan layar lainnya. 


1. Menggunakan Minyak kayu putih

minyak kayu putih
sumber | 123ish.com

Yang pertama ini mungkin bahan yang sering kamu temukan di dalam rumah, selain bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari minyak kayu putih ini bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan layar Handphone. Namun pengaplikasian minyak kayu putih ini hanya untuk bagian layar luar, dan jangan gunakan secara berlebihan.

Oke, beginilah cara sederhana dan mudah untuk membersihkan layar Handphone dengan minyak kayu putih.
  • Siapkan kain yang memiliki serat halus (kamu bisa menggunakan kain microfiber ataupun tisu)
  • Bersihkan layar HP dengan kain yang tidak di tetesi minyak kayu putih
  • Setelah di rasa layar sudah bersih dari debu-debu, silahkan basahi kain dengan minyak kayu putih 
  • Usapkan kain tadi ke layar HP dengan perlahan, lakukan gerakan satu arah dari atas ke bawah begitu pun seterusnya. Oh ya ingat saat membersihkan jangan menekan layar
  • Diamkan Layar beberapa saat setelah proses pembersihan

2. Menggunakan Cairan khusus Pembersih layar

lcd cleanner kit
sumber | shopee.co.id

Ada lho cairan khusus yang di gunakan untuk membersihkan layar HP, namanya adalah LCD Cleanner kit. Bahan ini sudah banyak tersedia di toko-toko online ataupun toko elektronik. 

LCD Cleanner kit ini sudah terbukti bisa membersihkan layar layarHp kamu, jika ingin membeli LCD Cleanner kit ini maka akan mendapatkan satu paket, yaitu kain dan semprotan cairannya.

Jika kalian sudah mempunyainya, maka langkah yang seharusnya kamu lakukan adalah
  • Siapkan kain kemudian mulailah membasahi kain tersebut dengan cairan dari LCD Cleanner kit.
  • Peras sepenuhnya sampai kain menjadi lembab tetapi tidak basah
  • Kemudian usapkan kain tersebut ke layar, seperti biasa dengan gerakan searah.
  • Setelah itu keringkan layar dengan kain yang kering dan lembut.

3. Gunakan selotip

menggunakan selotip
sumber | rycon-net.blogspot.com

Mungkin kamu belum tahu cara berikut ini, memang aneh sih tapi ini benar terbukti lho bisa mengangkat kotoran di layar Handphone. Sebelum kalian masuk ke proses pengaplikasiannya, sebaiknya siapkan terlebih dahulu selotip yang terbukti aman untuk layar, seperti selotip bolak-balik, selotip transparan.

Beginilah cara efektif mengangkat kotan yang menempel di layar LCD Handphone kamu.
  • Siapkan selotipnya, pastikan bagian perekat selotip tersebut sudah bersih.
  • Namun, seperti biasa bersihkan layar HP terlebih dahulu menggunakan kain yang lembut
  • Tempelkan selotip tersebut di layar secara merata
  • Diamkan beberapa saat, hingga di rasa debu-debu di layar sudah menempel
  • Buka selotip yang merekat tersebut secara perlahan
  • Setelah terbuka, bersihkan kembali layar HP menggunakan kain yang lembut dan pastinya bersih

4. Hanya menggunakan Air Bersih

menggunakan air bersih biasa
sumber | pricebook.co.id

Kalau mungkin cara-cara di atas bahannya sulit untuk kamu dapatkan, kamu bisa kok memanfaatkan cara sederhana yaitu menggunakan air bersih, pastikan air yang akan di gunakan untuk proses pembersihan layar HP sudah terjamin besih dan bening.

Jangan lupa juga gunakan kain bersih dan (lembut), oke mari kita masuk ke tutorialnya.
  • Tuangkan air bersih ke permukaan kain, pastikan kain tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering.
  • Jika usdah, usapkan secara perlahan kain tersebut ke layar HP. Saat proses pembersihan jangan melakukan penekanan, cukup lakukan pola satu arah saja.
  • Oke, jika di rasa sudah cukup maka selanjutnya adalah bersihkan layar HP dengan kain yang lembab dan bersih tentunya.

5. Menggunakan Sinar UV

teknologi canggih phonesoap
sumber | QVC.com

Teknologi canggih ini memang harganya sedikit mahal, tapi tidak kalah mahal dengan manfaat yang akan kamu dapatkan kok. Alat ini bernama Phonesoap, dimana memanfaatkan sinar UV untuk menghilangkan bakteri atau kotoran yang menempel di HP.

Selain bisa membersihkan HP, Phonesoap ini juga bisa kamu jadikan sebagai Charger. Nantinya saat kamu menyalakan alat ini maka Baterai HP kamu akan terisi, Sinar UV juga akan menyala dan berkerja untuk menyapu seluruh bakteri yang ada pada permukaan HP.


Cara Membersihkan Layar HP yang Tergores

Lanjut ke pembahasan cara membersihkan atau menghilangkan goresan pada layar HP, Walau mengganti layar yang baru juga bisa mengatasi masalah ini, tetapi cara tersebut butuh biaya bukan. 

Nah oleh karena itu kali ini akan ada cara mudah yang bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan goresan pada layar HP.


1. Menggunakan Pasta Gigi

membersihkan layar menggunakan pasta gigi
sumber | uzone.id

Selain menjadi bahan yang penting dalam kehidupan sehari-hari Pasta gigi atau odol ini di percaya bisa membersihkan goresan yang ada pada layar HP.

Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit pasta gigi ke kain yang halus dan bersih, kemudian usapkan kain tersebut secara perlahan ke permukaan layar yang tergores. Setalah di rasa sudah merata, kemudian bersihkan layar HP dengan kain bersih dan halus yang sudah di basahi dengan air. Tahap terakhir bersihkan kembali layar dengan Tisu atau kain yang lembab.


2. Libas goresan dengan Vaseline

memanfaatkan vaseline
sumber | moeslema.com

Kita tahu sendiri kan bahwa Vaseline ini di gunakan untuk berbagai masalah, seperti pelembab bibir, menghaluskan tumit yang pecah-pecah, dan sebagainya. Selain manfaat di tersebut ternyata Vaseline ini bisa lho di gunakan untuk menghaluskan goresan pada layar HP.

Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu megoleskan krim vaseline ke kain yang halus dan bersih kemudian usapkan secara merata ke layar HP, ingat saat proses pembersihan jangan menekan bagian layar.


3. Menggunakan Minyak

menggunakan minyak sayur
sumber | kumparan.com

Ingat minyak yang kita gunakan di sini bukan minyak bekas lho ya, tapi minyak yang masih baru. Kamu bisa menggunakan minyak sayur guna menghilangkan goresan yang ada pada layar HP.

Begini caranya, seperti biasa siapkan kain yang bersih dan halus, kemudian teteskan sedikit minyak ke kain tesebut, Setelah itu bersihkan layar dengan mengusapkan kain yang sudah di basahi dengan minyak tadi ke permukaan layar HP.

Baca Juga :

Kesimpulan

Perlu di perhatikan saya sudah membagi menjadi dua bagian metode pembersihan layar, seperti yang sudah kamu baca di atas bahwa ada dua cara yang saya ulas yaitu membersihkan layar yang terkena goresan dan layar yang kotor dan kusam.

Oke, bila cara di atas work! kamu bisa berkomentar pengalaman kamu menerapkan cara-cara di atas.

Related Posts

Posting Komentar