Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

7 Cara cek RAM di Laptop dengan Mudah dan Praktis

Posting Komentar
cara cek kapasitas ram laptop
Ketika ingin memasang sebuah software pada laptop/ komputer pastinya diperlukan syarat minimal agar bisa lancar dalam menjalankan program tersebut, nah Cara mengecek RAM di laptop ini diperlukan beberapa langkah untuk bisa mengetahuinya, dibawah ini kita akan tahu beberapa cara untuk melihat RAM dilaptop dengan mudah.

Sebelumnya kalau kamu tahu RAM ini adalah salah satu bagian dari hardware komputer yang sangat penting fungsinya yakni untuk penyimpanan sementara ketika komputer menjalankan sebuah program atau software.

Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin lancar pula setiap proses yang akan dijalankan, seperti contoh nih ketika Laptop RAM 2 GB dipaksa untuk menjalankan Game GTA V yang dimana requirement minimalnya adalah RAM 8GB, maka sudah pasti Laptop kamu akan terbebani oleh program ini dan mungkin saja tidak bisa membukanya atau bahkan memainkannya.

Perlu diketahui juga kalau syarat agar bisa lancar membuka sebuah software atau program itu tidak hanya dilihat dari RAM saja, ada beberapa requirements lainnya yang juga penting, seperti Prosessor, Operating system, Video Card, Memory, dan lain sebagainya.

Nah karena disini kita lagi bahas RAM nih, dibawah ini akan ada beberapa cara untuk cek ram dilaptop atau komputer dengan beberapa cara berbeda, apa saja? mari kita simak dibawah ini.

Cara mengecek RAM Laptop mudah dan praktis

Kali ini saya akan membagikan kepada kamu yang ingin tahu kapasitas RAM laptop, gampang kok untuk mengeceknya, kali ini saya akan ulas beberapa cara.

1. Dari menu System

Khusus untuk kamu yang menggunakan Laptop dengan Windows 8.1 dan Windows 10 maka cara mudah pertama adalah dengan mengeceknya di menu system. Begini caranya, Klik Win + C > Settings > PC info

mengecek ram melalui menu system
Nah setelah kamu mengeklik PC info maka akan masuk ke Control panel pada bagian system, pada menu tersebut akan tampak beberapa sepesifikasi laptop mu terutama RAM.

2. Mengeceknya lewat Stiker pada Laptop

cek ram melalui stiker
Kalau cara kedua ini mungkin tidak semua laptop ada jadi hanya beberapa laptop aja yang ada ( biasanya tepatnya di samping cursor atau di bawah keyboard ), bahkan tanpa menghidupkan laptop pun kalian bisa melihatnya. Sticker tersebut biasanya memperlihatkan spesifikasi laptop, seperti RAM, Hard drive, dan Processor.

3. Melalui Menu DirectX Diagnostic Tools

Cara kali ini kamu akan melihat kapasitas RAM melalui menu DirectX Diagnostic Tools. Melalui menu ini kamu bisa melihat spesifikasi laptop dengan lengkap, oke ini dia caranya.
  • Buka jendela Run, dengan mengeklik Win + R
mengecek ram laptop melalui dxdiag
  • Maka akan muncul jendela run tersebut, ketikan dxdiag pada kolom yang sudah di sediakan, klik Enter atau Ok.
mengecek ram laptop melalui dxdiag
  • Setelah kamu tunggu beberapa saat maka akan muncul menu DirectX Diagnostic Tools, Nah di sana kamu bisa melihat tuh RAM dari Laptop kamu.
Di menu tersebut terpapang jelas detail kapasitas RAM, selain RAM ada juga beberapa spesifikasi dari laptop kesayanganmu, seperti Memory harddisk, Operasi system yang terpasang di laptopmu, dan sebagainya.

4. Melalui Control Panel

Sama seperti cara pertama, nantinya kamu akan melihat kapasitas RAM melalui menu system, tapi untuk membuka menu tersebut kita akan menggunakan Control panel. Pertama buka Control panel > klik System, maka di sana kamu akan melihat beberapa spesifikasi dari Laptopmu.
cek ram laptop dengan control panel

5. Menggunakan Command Prompt

Kali ini kita akan menggunakan Command Prompt atau cmd, tidak di pungkiri lagi bahwa tools bawaan Windows ini begitu bermanfaat dan memudahkan berbagai macam aktivitas di laptop kita. Ya salah satunya untuk mengecek RAM atau spesifikasi, simak caranya berikut ini :
  • Masuk ke CMD dengan mengeklik Win + R, kemudian ketikkan cmd dan klik ok
cek ram laptop melalui cmd
  • Setelah jendela cmd terbuka, silahkan ketikkan systeminfo, kemudian tekan enter
cek ram laptop melalui cmd
  • Maka akan keluar output berupa spesifikasi lengkap dari laptop kesayanganmu, Jika kamu ingin melihat kapasitas RAM, maka lihat pada bagian Tootal Physical Memory
cek ram laptop melalui cmd

Bagaimana mudah bukan? Hanya menggunakan tools bawaan dari Windows, yaitu Command Prompt kamu bisa melihat sejumlah spesifikasi dari laptop kesayanganmu.

6. Menggunakan Software Speccy

Kalau menggunakan bantuan software tentunya akan lebih lengkap dan detail sekali, Menggunakan Speccy untuk mengecek RAM tidak lah rumit, hanya dengan dua langkah saja kamu sudah bisa melihat kapasitas RAM Laptop.

Sebelumnya silahkan download terlebih dahulu Speccy, Jangan takut kehilangan kouta software nya ngak lebih dari 10 MB kok. 

Jika sudah di download, Silahkan di buka > klik RAM > secara otomatis maka akan muncul informasi tenang kapasitas dan RAM dari Laptop yang kamu gunakan.
mengecek ram laptop menggunakan speccy
Sebenarnya bukan hanya RAM yang bisa kamu lihat, ada informasi lain dari laptop kamu yang bisa kamu lihat dari Speccy ini, antara lain CPU, Storage, Operating System, dan lain-lain.

7. Menggunakan Software CPU-Z

Kembali menggunakan bantuan software untuk mengecek kapasitas RAM, CPU-Z adalah sebuah prangkat lunak yang sangat populer sejak 2002, Sebuah aplikasi untuk melihat Spesifikasi dari Android ataupun Windows.

Oke, silahkan download langsung software CPU-Z, Jika sudah silahkan instal dan buka > Masuk ke menu Memory, nah lihat pada bagian General > Size, pada bagian itulah kamu bisa melihat kapasitas RAM Laptop.
mengecek ram laptop menggunakan cpu z
Sangat mudah dan cepat, ya menurut saya sih ini selain bisa melihat Kapasitas RAM, tipe RAM, CPU-Z nyatanya juga bisa mlihat secara lengkap berbagai spesifikasi yang di miliki sebuah Laptop.

Baca Juga : Begini Cara mudah Mengatur Kecerahan layar Laptop

Saya tarik kesimpulannya bahwa perangkat keras bernama RAM atau Random Access Memory ini memang menjadi salah satu tolak ukur kemampuan sebuah laptop untuk menjalankan kinerjanya. Jadi ya melihat atau sekedar tahu kapasitas RAM pada laptop itu sangat penting sekali agar bisa menimbang setiap prgram yang kamu ingin pasang atau jalankan.

Related Posts

Posting Komentar