Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

Menjadi Content Writer dengan ASUS ExpertBook B3 Flip B3402

Posting Komentar

Bingung, panik, dan takut waktu itu ketika awal tahun 2021 laptop pertama saya Asus X453MA tiba-tiba saat coba dinyalakan hanya stuck di logo Asus dan mati kembali. Tentu karena saya orang awam yang baru pertama memiliki laptop saya tidak tahu apa-apa tentang teknis atau kerusakan yang sebenarnya terjadi, awalnya saya mencoba mencari-cari solusi di internet bagaimana laptop saya bisa kembali seperti semula, berbagai cara sudah saya coba namun apa daya hasilnya Zonkk!.

Saya pun akhirnya memberanikan diri untuk berbicara kepada Pakde, kebetulan dia juga memiliki tempat servis sendiri yang harapan saya dia bisa membantu memperbaiki laptop kesayangan saya.

“Pakde ini kenapa ya kok laptopku tiba-tiba nggak bisa nyala, padahal baterai full, tak coba masuk ke menu boot juga gak bisa, jadi cuman stuck di logo asus, terus gak lama mati lagi.”

Kira-kira itu yang saya omongkan kepada pakde, akhirnya dia pun mencoba melakukan beberapa diagnosa masalah yang sebenarnya menjadi sebab kenapa laptop saya gak mau nyala. Karena sedang sibuk dan ada garapan banyak tuh, akhirnya dia meminta saya untuk meninggalkan saja laptopnya untuk diservis dan kalau sudah selesai katanya mau dikabarin.

Satu hari, dua hari, sampai akhirnya tiga hari gak ada kabar, saya pun nyamperin ke konter pakde. Saya tanya tuh sudah jadi apa belum, dan katanya belum jadi. Diagnosa awal katanya Overheating atau panas berlebihan, solusinya adalah harus ganti Motherboard kalau mau bertahan lama dan kalau mau nyoba bisa juga ganti Processor tapi kemungkinan bisa rusak lagi, karena waktu itu saya belum ada uang saya pun akhirnya mengurungkan niat untuk servis dan nganggurin dulu laptop untuk sementara waktu sembari saya mengumpulkan uang. Dan sekarang setelah 18 bulan lebih berlalu, laptop saya masih dalam kondisi rusak dan belum saya sentuh lagi sama sekali hingga saat ini!.

Waktu itu saya masih duduk dibangku kelas 2 SMK, dan kesibukan saya adalah belajar coding dan menulis di blog. Rasanya sangat stress dan berat sekali, ketika laptop pertama dan kesayangan saya gak bisa lagi digunakan, saya pun tidak mau berlarut-larut dalam kondisi itu saya mencoba memecahkan masalah dengan cara memanfaatkan Handphone yang saya miliki waktu itu.

Saya tetap belajar coding, walaupun sebenarnya menggunakan handphone tidak sepenuhnya mendukung tetapi saya tetap berkeinginan besar ingin bisa dan tetap belajar. Selain itu saya juga tetap menulis di blog, saya mau seadanya walaupun jujur waktu itu susah banget apalagi hanya punya Handphone satu dan itu pun juga digunakan untuk belajar daring.

Pada akhirnya setelah beberapa bulan saya benar-benar tidak memegang laptop, tiba-tiba pada suatu malam pakde saya datang dan waktu itu bilangnya sih mau minjemin saya notebook milik anaknya yang tidak digunakan.

Gak nolak dong, saya pun akhirnya langsung menerimanya dan tidak mau melewatkan kesempatan ini untuk memanfaatkan pinjaman notebook sebaik mungkin, saya bener-bener fokus, serius, mau ngumpulin uang buat beli motherboard (harganya katanya sih 1 jutaan).

Dan satu tahun lebih berlalu notebook ini masih saya gunakan dan motherboardnya belum kebeli hehe. Banyak sih alasannya kenapa saya memutuskan untuk menunda membeli motherboard, seperti karena.

  • mending beli laptop lagi aja yang lebih berspesifikasi
  • susahnya menghasilkan uang
  • uang kadang lebih baik digunakan untuk kebutuhan sehari-hari daripada membeli motherboard
  • Toh saya juga masih dipinjamin notebook ๐Ÿ˜ƒ

Walaupun saya waktu itu masih duduk dibangku sekolah, tekad saya untuk mendapatkan uang sendiri tidak semata-mata hanya omong saja, saya bertekad untuk tidak merepotkan orang tua atau membebani mereka. Akhirnya pada tahun 2019 singkat cerita saya kenal dunia blog, waktu itu saya masih kelas 8 SMP.

Karena hanya coba-coba dan belum paham kalau blog sebenarnya bisa menghasilkan uang, saya pun kalau menulis hanya apa adanya tidak memperhatikan topik, penulisan yang baik dan benar, atau jurus-jurus lain lah dalam dunia ini.

Karena waktu itu saya belum punya laptop, dulu saya masih ngeblog pakai Handphone. Sampai beberapa tahun berlalu akhirnya saya kenal tuh kalau sebenarnya blog bisa ngehasilin uang, yaa katanya pakai "Adsense". iseng-iseng saya coba daftar-daftar, dan berkali-kali ditolak, gak putus asa dong saya akhirnya belajar tentang bagaimana mengelola blog dengan baik dan benar, akhirnya saya belajar juga yang namanya SEO, dan lain sebagainya.

Setelah semua pondasi yang saya bangun di blog lumayan, saya akhirnya memutuskan untuk mendaftar kembali Adsense, dan akhirnya blog saya pun diterima untuk beriklan. Seneng campur syedih pastinya, akhirnyaa bisa jugaa.

Ehh ternyata gak berhenti disitu perjuangannya, sebab diterima saja gak mesti bisa langsung ngehasilin uang. Butuh waktu dan proses yang panjang supaya bisa dapet uang dari sana, setelah pertama kali diterima Adsense tahun 2020 dan sekarang 2022 Alhamdulilah saya belum bisa ngerasain yang namanya Gajian pertama dari Blog.

Tapi walaupun saya belum bisa menghasilkan uang dari sana, saya masih punya skill yang bisa dijual. Kalau orang nyebutnya sih Freelance, saya mempunyai sedikit bakat di bidang Content Writer, sudah beberapa klien dari dalam maupun luar yang sudah mempercayakan saya untuk menulis konten artikel mereka.

Walaupun hasil dari jasa penulisan artikel ini tidak cukup besar, tapi saya mensyukuri itu, itung-itung bisa buat jajan sendiri lah dan gak minta orang tua lagi hehe.

Yhapp dibalik usaha saya menjalankan jasa penulisan artikel, saya masih menggunakan alat tempur notebook 10,1 inci yang dipinjamkan pakde kepada saya dan masih setia menemani hingga saat ini.

Sebagai seorang content writer dan introvet yang sehari-harinya hanya didepan layar monitor dan jarang keluar kamar, tentu penting bagi saya untuk memiliki perangkat yang setidaknya "cukup" lah untuk menulis konten.

Walaupun menggunakan Notebook yang saat ini saya pakai sudah cukup banget tetapi kadang saya mengalami beberapa masalah yang mengganggu apalagi ketika digunakan untuk keperluan lain, jujur saja dengan RAM 2 GB dan Prosesor hanya Intel Atom inside sangat susah untuk melakukan pekerjaan multitasking yang kadang memerlukan spesifikasi yang lebih daripada itu.

Notebook lejen ini sudah menemani berbagai aktivitas saya walaupun harus mengakali dengan beberapa trik agar lancar menjalankannya, seperti.

Editing video

Saya pernah waktu kelas 12 SMK mendapatkan tugas untuk membuat film, karena waktu itu laptop milik teman yang seharusnya digunakan untuk editing rusak, saya akhirnya memberanikan diri untuk menggunakan Notebook ini untuk mengedit video. 

Walau ditengah jalan banyak sekali trouble seperti Not Responding, Lag, Force close saya tetap nekat menyelesaikan film sejadinya dengan beberapa trik seperti memecah menit film yang panjang menjadi beberapa menit pendek agar perangkat saya tetap bisa menjalankannya.

Editing Foto

Sebagai seorang pelajar SMK di jurusan Multimedia, tentu aktivitas belajar saya tidak lepas dari yang namanya editing foto. Yhap lagi-lagi notebook lejen ini saya gunakan untuk mengoperasikan software-software editing berat seperti Photoshop, Coreldraw, Adobe Illustrator, dan lain sebagainya.

Ngoding

Nah saya juga punya hobby sampingan yakni senang belajar coding atau pemrograman, karena hobi ini juga perlu spesifikasi perangkat yang mumpuni untuk menjalankan beberapa tools dan aplikasinya saya tetap berani dong memanfaatkan notebook lejen untuk membuka software coding seperti Visual Studio Code, Menginstall beberapa program pendukung, dan lain-lain.

Menulis artikel

Karena saya emang lahir di dunia tulis menulis saya juga tidak bisa lepas dari dunia ini. Notebook saya pun pernah menjadi tumbal, ketika itu layar lcd tiba-tiba mati karena waktu itu saya gunakan berjam-jam untuk menulis artikel dari klien.

Memang sih bekerja dan beraktivitas di bidang seperti ini sangat-sangat memerlukan perangkat yang mumpuni agar bisa melancarkan berbagai aktivitas. Kalau di ilustrasiin Notebook yang saya gunakan saat ini kondisinya kayak gini wkwk.

Terlepas dari itu semua seorang seperti saya yang setiap hari gak bisa tuh lepas dari yang namanya monitor, sangat perlu laptop mumpuni untuk menunjang dan melancarkan berbagai kegiatan saya terutama sebagai seorang content writer.

Nah beberapa waktu lalu saya lagi asyik-asyik kan scroll instagram, eh muncul positingan seperti ini:

Ternyata Asus lagi ngeluarin laptop terbaru mereka, Nah produk ini adalah Asus ExpertBook B3 Flip (B3402).

Dalam ati kecil saya ngomong dong.

“Ini laptop apa selimut dah, bisa di lipet kaya gini.” Bener lo bisa dilipet jujur baru tau ini ada laptop bisa dilipet kek gitu, terus udah layar sentuh lagi.

“Sempurna untuk pembelajaran dan pekerjaan jarak jauh tanpa gangguan, wahhh” bayangin bisa belajar coding lancar tanpa masalah terus nulis artikel tanpa not responding-not respondingan, pasti enak banget hadehh.

“Windows 11 Pro!” boro-boro ngerasain Windows 11, nyoba win 8.1 aja udah lemotnya minta ampun.

Pokoknya kemana-mana lah pikirannya, ngeHaluin dulu ya kan siapa tau bisa punya perangkat keren kayak Asus ExpertBook B3 Flip ini.

Kenapa first impression saya begitu terkagum dengan laptop satu ini? Nah tentu ada alasannya, menurut saya laptop seperti Asus ExpertBook B3 Flip ini adalah salah satu pilihan yang cocok sekali untuk menunjang aktivitas dan meningkatkan produktivitas saya sebagai seorang Content Writer.

Daripada berspekulasi dan tidak ada buktinya, yuk mending kita bahas laptop Asus ini lebih lengkappp lagi. Karena ini bakal panjang banget dan seru tentunya, siapin dulu deh posisi yang nyaman terus jangan lupa cemilannya. Udah?  Kalau udah markibass...Mari kita bahass.

Ini sih yang menarik perhatian saya pertama kali melihat Asus ExpertBook B3 Flip. Tawaran fleksibilitas yang menyeluruh ditunjukkan dari bagaimana engsel laptop ini dapat dilipat hingga 360 derajat yang memungkinkan untuk bisa diposisikan dengan berbagai cara.

Selain itu laptop ini juga sudah dibekali dengan Stylus bawaan yang bisa digunakan untuk menggambar, membuat catatan, dan menandani dokumen. Dengan adanya stylus ini tentu aktivitas menjadi lebih terbantu karena kita bisa mendapatkan setiap detail ketika memanfaatkan layar sentuh laptop ini.

Stylus atau pen bawaan ini sudah tersimpan di samping bodi laptop, ini tentu membuatnya menjadi lebih dekat dan mengurangi risiko kehilangan. Hanya dengan 15 detik pengisian daya pada pen stylus kamu sudah bisa menggunakan alat ini selama 45 menit pemakaian. Jadi kamu tidak perlu menunggu untuk menggunakan stylus ini.

Dulu waktu saya punya laptop, saya tidak pernah menggunakannya untuk pembelajaran jarak jauh lewat Zoom Meeting, alasannya karena kamera laptop saya hanya memiliki resolusi 2MP  dan itu sangat tidak mendukung, untuk notebook juga hanya dibekali resolusi, itulah mengapa saya tidak pernah menggunakannya jadi lebih baik pake handphone lah.

Naah fitur lain yang tidak kalah menarik dari Asus ExpertBook B3 Flip ini adalah adanya double kamera yang terletak diatas layar dan di atas keyboard, Hah? Gunanya buat apaa?

Jadi ada kamera utama dengan resolusi HD plus privacy shutter atau penutup kamera fisik yang terintegrasi untuk keamanan dan selain itu ada juga nih kamera tambahan yang diberi nama World Facing Camera dengan resolusi 13 MP yang sengaja ditempatkan tepat sejajar dengan keyboard dan menghadap ke atas ketika laptop digunakan dalam mode standar. Bedanya adalah saat digunakan pada mode tablet, kamera tersebut berfungsi layaknya kamera utama yang biasanya ada di Handphone.

Dua modul kamera dari laptop ini sama-sama dibekali dengan sensor beresolusi 13MP. Penempatan yang unik dari kamera ini tentu akan membuat Asus ExpertBook B3 Flip menjadi semakin fleksibel dan dapat digunakan pada banyak aktivitas seperti Kegiatan belajar daring, Zoom meeting, merekam dan memotret sesuatu, dan lain sebagainya.

Selain itu untuk lebih mendukung proses pembelajaran jarak jauh, konferensi profesional,dan  pembuatan konten, ExpertBook B3 Flip ini juga memiliki dua arah AI Noise-Canceling Technology yang berguna untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker dan kebisingan dari lawan bicara. Jadi kalian bisa benar-benar meredam suara yang mengganggu ketika kalian menggunakan perekaman suara pada laptop.

Menjadi seorang yang aktif banget dengan laptop tentu ketahanan sebuah perangkat itu sangat penting dan nggak bisa dianggap remeh lah, sebab siapa sih yang pengen laptopnya rusak dan dibawa ke tempat servis berkali-kali, ahh pokoknya jangan sampe deh.

Nah ketangguhan dari laptop ASUS ExpertBook ini mulai dari sisi bawah sampai atas, semua memberikan kualitas dan ketahanan yang cocok banget untuk para profesional dan perusahaan.

Kalau kata Asus sih..

"Daya tahan adalah semboyan kami dalam menciptakan perangkat yang melebihi harapan di lingkungan apapun"

Udah semboyan dong, jadi Asus ini benar-benar sangat memperhatikan sekali soal urusan ketangguhan dan ketahanan setiap perangkat yang mereka rilis apalagi di seri terbarunya ini.

Asus secara profesional telah melakukan serangkaian tes pada laptop ExpertBook ini yang dirancang agar bisa tahan dari berbagai kondisi.

Nggak perlu takut Laptop minus

Prosedur pengujian tingkat militer AS ini didasarkan pada standar AS MIL-STD-810H 2020 yang baru . Dimana dalam kontruksinya laptop ini disiapkan untuk berbagai kebutuhan dan lingkungan, beberapa pengujian secara khusus telah dilakukan seperti pengoperasian dalam kondisi lingkungan yang keras seperti ketinggian, suhu ekstrem,kelembaban, uji getaran, kejut fisik, dan beberapa tes ekstrim lainnya.

Uji Penyiksaan untuk mencapai Kesempurnaan

Asus ini sudah memastikan betul bahwa setiap komponen dari laptop ExpertBook B3 Flip ini memberikan layanan yang andal dan awet. Beberapa tes yang telah dilakukan ini bak penyiksaan namun dengan tujuan untuk mencapai titik kesempurnaan Laptop Ekstrem bagi para profesional.

  • Udah dilindungi dengan lapisan kedap air sehingga keyboardnya bisa tahan terhadap tumpahan cairan sampai 330 cc tanpa merusak komponen nya sama sekali.
  • Tes menumbuk keyboard hingga 10 juta penekanan tombol.
  • Menyiksa engsel dengan 30.000 siklus buka-tutup berulang kali.
  • Menguji tekanan layar dengan beban hingga 25 kg tanpa kerusakan panel LCD .
  • Uji ketahanan port hingga 15.000 kali untuk memastikan daya tahan port I/O.
  • Tahan terhadap jatuh di ketinggian 120 cm walau dalam kondisi hidup.
  • Bisa menahan 18 kali guncangan gravitasi.
  • Uji Kabut garam dimana laptop bisa tahan walau terkena 5% garam selama 72 jam.
  • Bisa tahan di suhu tinggi 32 hingga 49 derajat celcius selama tiga hari penuh.
  • Bisa juga tahan di suhu rendah -21 hingga -32 derajat celcius selama tiga hari penuh.


ASUS ExpertBook B3 Flip termasuk laptop yang praktis dan enak untuk dibawa kemana-mana karena ukuran dan bobotnya yang pas banget, pokoknya idaman deh.

Sebagai laptop yang ditargetkan untuk para profesional tentu terlihat ringkas dan compact itu menjadi aspek yang sangat penting.

B3 Flip ini cuman punya bobot 1,61 kilogram saja dan ketebalannya juga hanya 1,95 cm. ASUS juga menyedikan charger bawaan yang hanya memiliki berat sekitar 3 kilogram saja, jadi kalau mau dibawa kemana-mana dan dimasukkan ke tas paling cuman 1,9 kilogram.

Selanjutnya untuk desain bodi sendiri ASUS ExpertBook B3 Flip hanya mengusung satu variasi warna saja yakni black matte, kesan yang pertama kali terlihat adalah simpel dan minimalis tanpa ada banyak ornamen. Ya wajar saja sih karena laptop ini memang bukan ditujukan untuk penampilan yang wah seperti layaknya laptop gaming, fungsi dan kegunaan lebih diutamakan tentunya.

...Overall saya suka dengan warnanya, terlihat halus dan bersih. Apalagi warna bodi hitam yang favorit saya banget. Pastinya ini bakal keren banget sih kalau digunain buat meeting atau digital nomad.

Jujur saya udah dua kali ngerasain laptop dengan keyboard yang rusak atau ngak berfungsi lagi, pertama adalah laptop pertama saya Asus X453MA yang waktu itu sempat mengalami masalah pada keyboardnya yang mengharuskan saya untuk menggantinya, kedua adalah laptop teman saya yang kebetulan lagi saya pakai dan kebetulan juga lagi rusak keyboardnya dan mengharuskan saya untuk menggunakan eksternal keyboard.

Ya tentu berkecimpung didunia ketik mengetik memaksa saya untuk memiliki keyboard yang tidak hanya berfungsi tetapi juga berkualitas, sebab siapa sih yang mau ganti-ganti keyboard terus.

Nah ASUS ExpertBook B3 Flip ini memiliki keyboard dan touchpad dengan kontrol pengetikan yang nyaman dan menyenangkan, terdapat juga sejumlah fitur dan peningkatan yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan si pengguna. Pokoknya nggak bakal ada cerita deh emosi karena keyboard yang sering error dan tidak maksimal.

Dibawah ini bakal saya spill kenapa keyboard milik ASUS ExpertBook B3 Flip ini bener-bener bisa diAndelin buat berbagai macam aktivitas baik professional maupun fun.

Udah ada Backlit .

Tau kan apa itu backlit? kayak lampu gitu yang biasanya ada di sekitar tombol pada keyboard, nah lampu ini membantu penggunanya untuk mengetik dengan mudah di lingkungan yang gelap

Function-key shortcuts .

Selain itu laptop ini juga dibekali dengan pintasan atau shortcuts keyboard yang lengkap banget, mulai dari screenshot, mengaktifkan webcam, nonaktifkan mikrofon, mengaktifkan AI Noise cancellation, dan lain lain.

NumberPad 2.0 .

Sebagaimana laptop Expert lainnya, ASUS ExpertBook B3 Flip ini juga sudah dilengkapi dengan fitur NumberPad 2.0 yang berfungsi untuk shortcuts pengetikan angka. Nah untuk mengaktifkannya pengguna bisa mengetuk ikon numberpad 2.0 yang ada di kanan atas touchpad.

LED user-status indicator .

Laptop ini juga tersemat sebuah lampu LED kecil dan terang yang berada di bodi belakangnya. Jadi lampu ini akan menyala ketika pengguna sedang melakukan panggilan lewat Zoom, Google Meet, atau Skype. Fungsinya tentu jelas yakni untuk memberitahu orang-orang bahwa kamu sedang tidak bisa diganggu.

Keyboardnya sudah bersertifikasi Antibacterial protection

Belajar dari situasi pandemi yang sebelumnya kita rasakan tentunya masyarakat menjadi lebih aware terhadap kebersihan secara menyeluruh, terutama pada kebersihan barang-barang yang sering kita gunakan seperti contohnya adalah Gadget dan Laptop.

ASUS ExpertBook B3 Flip untungnya sudah dibekali lapisan anti bakteri bernama ASUS Antibacterial Guard yang ada pada bagian bodi keyboardnya yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri hingga 99% selama 24 jam penuh, selain itu lapisan in juga bisa bertahan dari Alkohol, cairan pembersih, serta cairan hypochlorous acid sehingga pengguna bisa tetap mudah membersihkan laptop. Untuk buktinya sendiri ExpertBook B3 Flip ini sudah teruji atau tersertifikasi secara internasional dan mendapatkan standar ISO 22196 dan JIS Z 2801.

Fakta penting, University of Arizona pernah melakukan penelitian yang dimana mereka menemukan bahwa rata-rata desktop itu memiliki bakteri 400 kali lebih banyak daripada rata-rata dudukan toilet.

Selain itu IT CBT Nuggets juga menemukan fakta yang lebih mengejutkan dimana mereka menyebutkan bahwa keyboard komputer atau laptop itu 20.000 kali lebih kotor daripada kursi toilet.

"Mikroba tak terlihat ini dapat bertahan hidup dan berpindah dari keyboard ke tangan pengguna berikutnya dan kemudian ke mulut, hidung, atau mata mereka. Apalagi orang juga sering menyentuh wajah mereka saat bekerja." kata Dr Lisa Ackerley dari Royal Society for Public Health.

Lalu apa dampaknya bagi kesehatan pengguna? nah jadi para peneliti telah menemukan bakteri yang umum muncul pada keyboard, yakni Staphylococcus aureus yang bisa bertahan hingga 24 jam pada keyboard, bakteri ini berisiko menyebabkan penyakit seperti maag dan diare. Mereka menyebut ini sebagai "Qwerty tummy"(sebuah istilah yang diciptakan oleh sekelompok orang pada tahun 2008 tentang kebersihan ruang kantor kerja) 

Seperti yang sudah saya bahas diawal tadi bahwa ASUS ExpertBook B3 Flip ini adalah perangkat 2 in 1 yang selain bisa jadi laptop juga bisa jadi tablet, pokoknya udah kayak gadget banget deh seperti ada dua kamera, tombol volume up and down disamping, dannn layarnya juga udah touchscreen atau layar sentuh.

Jadi untuk membuat layar laptop ini merespon sentuhan itu tidak hanya menggunakan stylus saja, pake jari kalian pun juga bisa.

Untuk detailnya sendiri layar ASUS ExpertBook B3 Flip ini berukuran 14 inci dengan resolusi Full HD atau 1920x1080 dengan screen ratio 16:9, dan 80% screen-to-body. layarnya juga sudah IPS LCD dengan kecerahan maksimal hingga 250 nits.

Selain itu bagian layar dari laptop in juga dirancang agar bisa melindungi mata pengguna dari paparan radiasi sinar biru dan menurunkan tingkat paparan sampai 70% lebih rendah lewat fitur Eye Care.

Untuk buktinya sendiri laptop ini sudah tersertifikasi dari TUV Rheinland. jadi pengguna tidak perlu khawatir mata menjadi lelah atau pedes saat menatap layar laptop dalam waktu yang lama.

Menurut saya ini sangat berguna dan penting banget sih, apalagi seorang introvert seperti saya yang ngak ada hari tanpa liat monitor, jadi kesehatan mata tentu menjadi hal yang sangat vital banget.

Nggak bisa boong lagi deh kalau masalah laptop lemot itu emang bikin emosi banget, rasanya kayak pengen banting sumpah tapi mikir juga kalau banting ntar gak punya laptop lagi dong huhu.

Ya gitulah pikiran setiap orang yang udah pernah ngerasain gimana emosinya kalau laptop tiba-tiba ngelag, not responding, atau bahkan force close pas buka software yang terlalu berat.

Nah beda cerita kalo kalian punya ASUS ExpertBook B3 Flip, apalagi secara spek laptop ini memang dikhususkan untuk para profesional dan kualitas performa tentunya sudah diatas rata-rata sebagaimana laptop expert pada umumnya, jadi ngak bakal ada tuh masalah-masalah yang mengganggu atau bikin emosi.

Hah emang sehebat apa sih performanya? Oke okee mending kita bahas lebih jelas lagi yuk tentang dapur pacu yang dimiliki Laptop keren ini.

Prosesor kelas atas

Jadi ASUS ExpertBook B3 Flip ini mengandalkan Intel® Core™ i7-1165G7 generasi ke-11 yang punya banyak sekali kelebihan daripada generasi sebelumnya, seperti peningkatan performa dan kinerja secara keseluruhan. (cek selengkapnya disini)

GPU yang unggulan

Selanjutnya untuk pengelola grafisnya sendiri, laptop ini menyematkan Intel® Iris® Xแต‰ graphics yang pada spesifikasinya mampu menghadirkan transformasional dan grafis yang terintegrasi untuk mendukung pengalaman gaming dan menonton menjadi lebih impresif. (selengkapnya disini)

Memori RAM yang gede

Selain itu juga berbagai aktivitas sehari-hari yang saya lakukan kadang juga memerlukan multitasking, seperti contoh pas nulis konten nih kadang bisa buka belasan tabs sekaligus di Chrome, kadang juga sambil buka software Corel Draw buat ngedit poto, ya gitulah kadang lemot tiba-tiba atau not responding, udah biasa sih gaiss huh.

Nah mungkin saya bakal tenang sih kalau semua beban itu udah di handle sama Kapasitas yang besar, ya kayak B3 ini yang dimana udah disematkan 8GB RAM dengan DDR4 3200MHz. (terdapat juga satu slot ram kosong yang bisa kalian tambah hingga total 48GB!)

Perlu kalian tahu juga kalau besarnya kapasitas RAM itu mempengaruhi pada semakin lancar dan banyaknya program yang sedang dijalankan dalam satu waktu, jadi semakin besar tentunya akan semakin lanjay.

Ya inilah alasan utama saya kenapa laptop ini menjadi idamanku banget, selain karena tampilan luarnya yang better abis, jeroannya pun juga nggak kalah kerennya dengan segudang keunggulan yang mampu melibas habis segala aktivitas berat, ya hal ini terbukti karena Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) udah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xแต‰ graphics, yang berguna banget buat productivity, editing, gaming, sampai nonton.

Kita tahu sendiri lah Windows itu memiliki dua versi yang berbeda yakni Home dan Pro, keduanya tentu juga memiliki keunggulan dan tujuan yang berbeda dalam penggunaanya.

Seperti Windows Home yang lebih mudah ditemukan pada desktop atau laptop kelas konsumer yang banyak dijual di pasaran saat ini, Nah kalau Windows Pro itu lebih umum dijumpai pada laptop kelas komersial.

Nah kebetulan ASUS ExpertBook B3 Flip ini adalah salah satu laptop komersial yang khusus untuk bisnis dan produktivitas maka tidak heran kalau perangkat ini sudah ditemani dengan Windows 11 pro yang menawarkan segudang keunggulan, seperti.

๐Ÿ‘‰ Dukungan kapasitas maksimal RAM yang lebih gede, yang bahkan bisa sampai 2 TB (ini RAM lo gais RAM bukan SSD atau HDD). Hal ini tentu sangat membantu untuk perusahaan dengan workflow komputasi yang sangat tinggi dan membutuhkan kapasitas RAM atau memori yang masif, penggunaan Win 11 Pro tentu menjadi sangat-sangat penting disini.

๐Ÿ‘‰ Pengamanan data dengan Bitlocker, dimana fitur ini berfungsi untuk mengamankan sebuah data pada komputer dengan cara mengenkripsi storagenya. Jadi kalau misal laptop dicuri atau hilang maka data yang ada didalamnya akan sulit untuk diakses oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

๐Ÿ‘‰ Remote Desktop, fitur ini memungkinkan laptop untuk dikendalikan dari tempat yang berbeda dengan menggunakan laptop lain atau bahkan dipakai smartphone.

๐Ÿ‘‰ Dynamic Provisioning, fitur ini dapat membuat perusahaan untuk setup perangkat baru dengan mudah dan singkat sehingga dapat langsung dipakai kerja.

๐Ÿ‘‰ Windows Update for Business, fitur pada Win 11 Pro ini memungkinkan pengguna atau perusahaan untuk mengatur update windows mana saja yang ingin di implementasikan. jadi kalau ada windows update yang gak cocok dan belum teruji kestabilannya maka dapat ditunda.

๐Ÿ‘‰ Microsoft Store for Business, dengan aplikasi ini pihak IT Perusahaan bisa dengan mudah mengelola atau mendistribusikan aplikasi gratis atau berbayar yang dibutuhkan untuk perangkat-perangkat perusahaan.

๐Ÿ‘‰ Microsoft Teams for Business, adalah aplikasi untuk video conference meeting dan call ini hanya dapat dijalankan pada Windows Pro saja. jadi aplikasi ini memiliki sejumlah kelebihan yang tidak ditemukan pada Temas versi standarnya, seperti kemampuan untuk melakukan recording, transkrip, remote manageability.

Nah jadi kalau kita rangkum nih fitur keamanan yang ketat menjadi highlight pada Windows 11 Pro ini, selain ada juga fitur-fitur lain yang mempermudah pengguna dalam pekerjaannya.

Konektivitas seluler yang lengkap dan cepat

Sebagai laptop yang dikhususkan untuk para expert dan keperluan bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip ini menawarkan keunggulan perihal konektivitas selulernya yang bukan hanya cepat tapi juga lengkap dan beda lah sama laptop kelas atas lainnya. Emang apa sih yang bedain?

Okeyy jadi Expertbook B3 Flip ini secara khusus telah mendukung jaringan 4G LTE, WiFi 6, dan teknologi Asus Wifi Master. Mungkin kalian masih bingung, tenang daripada bikin pusing yuk kita bahas lebih lengkap lagi bagian ini.

Bisa internetan tanpa WiFi!

Ini sih yang bikin saya seketika pengen banget punya laptop kayak gini, bayangin aja kalian bisa ngerasain internetan nih tanpa pakai wifi atau modem atau sejenisnya lah.

Lhoo kok bisa?

Nah inilah yang keren dari Expertbook B3 yang menyematkan slot sim cards pada laptopnya, yaa udah kayak Smartphone lah. Tipe slot yang dipakai adalah dedicated atau pengguna bisa memasang dua sim card sekaligus atau satu nano simcard dan microSD.

Jadi konsepnya adalah laptop akan secara otomatis mendeteksi SIM card yang dipasang dan pengguna bisa secara leluasa mengaktifkan dan menonaktifkan data selulernya untuk keperluan internetan. Jadi kita nggak perlu lagi tuh harus ada WiFi lah, Tetheringan pakai HP lah, atau harus hangout buat cari WiFi gratis yang kadang aja suka lemot dan bikin emosi.

Pokoknya simpel aja kalian tinggal nyiapin SIM yang udah ada paketannya dan tinggal pasang deh di slot card pada laptop yang ada di samping kanan bodi, dan boom! kalian bisa langsung pakai buat internetan secara independen dengan laptop, sesimpel itu ngak perlu pasang-pasang driver atau programs tambahan.

Dukungan WiFi 6

Dalam satu dekade terakhir ini kegiatan manusia semakin banyak beralih ke online, dan tentunya internet nirkabel telah membantu mewujudkan transisi tersebut. Salah satu teknologi yang saya maksud disini adalah WiFi.

Sebagai pengguna internet tentu saya merasakan sendiri bagaimana pentingnya Wifi dalam aktivitas sehari-hari saya terutama ketika bekerja dan menjelajah dunia maya.

Perkembangan Wifi kini sudah semakin maju, bahkan versi terbaru teknologi ini sudah pada versi Wi-Fi 6, yang disebut juga dengan 802.11ax. Kabarnya pada generasi baru adalah salah satu upgrade terbesar ketimbang generasi terdahulu.

Nah ASUS ExpertBook B3 Flip ini syukurnya sudah memakai teknologi terbaru dari WiFi 6. Bayangin selain kalian bisa nikmatin internetan ngebut tanpa Wifi, kalian juga bisa lo pakai fitur WiFi terbaru yang disediakan dengan kecepatan koneksi yang nggak kalah lebih cepat langsung dari pengaturannya.

Asus WiFi Master

Untuk memenuhi kebutuhan internet yang lebih masif lagi bagi kalangan profesional, tentunya kecepatan dan kelancaran internet harus menjadi standar tersebut.

Hal ini terbukti didukungnya teknologi Asus WiFi Master pada ExpertBook B3 Flip yang memungkinkan pengguna untuk bisa menikmati berbagai aktivitas online dengan sangat lancar dan stabil walaupun dalam jarak yang jauh sekalipun.

Seperti contoh kalian bisa menikmati streaming video Youtube dalam resolusi Full HD walaupun pada jarak yang sangat jauh bahkan hingga 300 meter atau lebih.

Sistem Keamanan kelas atas

Asus ExpertBook B3 Flip ini juga ditujukan untuk Belajar dan Bekerja dengan aman tanpa gangguan keamanan atau pelanggaran privasi yang mengganggu pengguna. Ada beberapa fitur-fitur berguna yang disematkan untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi pribadi, seperti contoh ada sensor sidik jari, privacy shutter untuk pelindung webcam, dan ada juga teknologi TPM 2.0.

Ya fitur dan teknologi keamanan kelas atas ini tentunya menjadi hal yang penting untuk laptop sekelas ExpertBook B3 Flip, untuk lebih lanjutnya yuk kita bahas sedikit tentang fitur-fitur menarik yang ada pada sistem keamanan laptop ini.

Webcam Shield

Ada salah satu insiden peretasan webcam yang paling terkenal dan heboh di Amerika Serikat, yang melibatkan Miss Teen USA 2013, Cassidy Wolf. Jadi kejadiannya terjadi saat seorang mantan teman sekelasnya diam-diam mengawasinya lewat webcam di komputer kamar tidurnya.

Akhirnya singkat cerita dia akhirnya mengirim foto-foto Cassidy lewat email dan mengancamnya akan merilis semua foto-foto yang dia dapat ke publik jika dia tidak mau membuka pakaiannya di depan kamera.

Tapi Cassidy akhirnya mengajukan keluhan tersebut ke FBI dan menuntut peretas. Pengadilan pun menjatuhkan hukuman 18 bulan penjara atas kejahatan cyber yang telah dilakukan.

Ada juga salah satu foto populer di internet yang melihatkan CEO Meta yakni Mark Zuckerberg sedang menutup webcam komputernya dengan selotip buram yang menutup lensa kameranya.

Karena kemajuan teknologi yang semakin pesat, akhirnya vendor-vendor perusahaan teknologi seperti Asus membuat alternatif untuk mengatasi masalah ini agar setiap pengguna selalu merasa aman dan nyaman ketika menggunakan laptopnya.

Jadi pada ExpertBook B3 Flip tersemat sebuah shutter privacy yang bisa secara mudah dibuka tutup pengguna untuk menutup webcamnya. Penutup fisik ini tentu sangat memudahkan pengguna ketika ingin merasa aman setiap saat dengan perangkatnya.

Sudah ada sensor sidik jarinya

Kepopuleran teknologi keamanan yang sering disematkan pada smartphone para satu dekade terakhir ini adalah Fingerprint atau sidik jari. dengan adanya sensor ini pengguna diharapkan bisa selalu aman ketika ingin menggunakan perangkatnya tanpa takut dibajak oleh seorang yang tidak bertanggung jawab.

Tahukah kamu bahwa sidik jari setiap orang berbeda-beda, sekalipun itu kembar identik. Melansir dari situs Ask Dr. Universe Washington State University menjelaskan bahwa sidik jari yang dimiliki manusia itu bisa berbeda karena adanya perbedaan pada gen berdasarkan keturunan. Gen ini bisa menentukan warna kulit, bentuk hidung, warna mata, hingga sidik jari yang dimaksud tadi.

Tapi di era yang semakin maju saat ini sensor sidik jari tidak hanya ada pada smartphone saja, sekarang juga sudah ada Laptop canggih yang menyematkan teknologi ini ke perangkatnya, contoh saja ASUS ExpertBook B3 Flip ini yang tertanam sebuah sensor sidik jari di tombol powernya.

Jadi ketika kalian ingin mengaktifkan atau masuk ke laptop, maka tinggal tekan tombol dan otomatis sidik jari akan terdeteksi, kalian pun akan otomatis masuk tanpa perlu kata sandi atau PIN yang kenyataanya sulit untuk diingat. Nah jadi lebih mudah nih, nggak perlu ribet, dan keamanan daripada laptop ExpertBook B3 kalian akan aman.

Dilengkapi dengan chip keamanan TPM 2.0

Pada bagian ini kita akan sedikit menyinggung lagi nih tentang Windows 11 Pro yang sebelumnya yang juga sudah didukung sebagai operating system Asus ExpertBook B3 Flip.

Nah salah satu syarat untuk memasang Windows 11 adalah laptop atau komputer harus mendukung TPM 2.0 dulu. dan kebetulan laptop B3 yang kita ulas ini sudah mendukungnya, jadi kita tidak perlu khawatir.

Emang kenapa sih harus banget jadi syarat? apa sih pentingnya TPM 2.0? buat apa sih? oke-oke mungkin ini asing di telinga kalian, jadi yuk kita belajar bareng-bareng.

Jadi nih TPM (Trusted Platform Module) adalah sebuah chip khusus yang berguna untuk memberikan proteksi keamanan tambahan dari sisi peranti keras. Chip ini dirancang untuk melakukan serangkaian mekanisme proteksi fisik untuk mencegah beberapa masalah dan akses kunci enkripsi, kredensial pengguna, atau data sensitif dari serangan malware sampai peretasan.

Dann Asus ExpertBook B3 Flip ini kerennya sudah mendukung generasi terbaru dari TPM 2.0 yang menawarkan arsitektur, algoritma, hingga dukungan proteksi keamanan yang lebih lengkap. Jadi kalian nggak perlu nih takut pada bahaya peretasan data atau pelanggaran privasi oleh para peretas, Gimana keren nggak?

Port Konektivitas yang lengkap dan komprehensif

Sampai sini kita sudah mulai paham lah bagaimana Asus ExpertBook B3 Flip ini memang dirancang khusus untuk memberikan kinerja yang sangat baik untuk mewujudkan produktivitas tanpa batas.

Nah hal ini dibuktikan dengan lengkapnya port I/O yang ada pada laptop ini, pokoknya gak ada kerunganya deh, sebab walau termasuk laptop baru nih, B3 Flip masih tetap kok mendukung beberapa port yang banyak diperlukan oleh pengguna.

Untuk mengetahui apa saja lubang atau colokan pada laptop Asus ExpertBook B3 Flip ini yuk kita sama-sama intip dari sisi samping kiri dan kanan bodi laptop, Letss go!

Untuk sisi Kiri - Kensington lock,2x Thunderbolt 4 USB-C, USB Type-A, HDMI Port 2.1, dan ada garasi penyimpanan Stylus.

Untuk sisi Kanan - LAN Port, USB Type-A 2.0, tempat Sim Card LTE, dan Combo Audio jack.

Pilihan Tepat untuk para profesional dibidangnya

Menjadi seorang content writer bagi saya adalah salah satu pekerjaan sekaligus hobi yang menyenangkan, bagaimana tidak selain berbagi lewat tulisan disini kita dituntut juga untuk belajar dan memahami.

Nah seperti yang 3 tahun ini saya lakukan di dunia ketik mengetik untuk terus ingin memberikan hasil maksimal setiap kali saya memposting artikel terbaru, ingat Tidak asal ketik ya atau copas punya orang lain. Intinya kreatif dan unik itulah yang selalu menjadi pedoman saya ketika menulis, pokoknya sebisa mungkin-mau nggak mau harus lebih bagus, nggak ecek-ecek, dan memiliki bobot daripada artikel lain yang ada di kata kunci yang sama.

Seorang content writer seperti saya tentu memerlukan sebuah perangkat yang mumpuni seperti ASUS ExpertBook B3 Flip ini agar bisa melibas setiap pekerjaan dan aktivitas digital saya dengan lancar dan tanpa problem.

Sebenarnya sudah beberapa kali saya singgung bahwa Laptop ini sebenarnya ditujukan untuk para profesional seperti pebisnis atau sebuah perusahaan, seperti namanya "Expert" tentu nggak sembarang pengguna yang bisa memakai laptop ini, ya walaupun bisa digunakan untuk aktivitas fun seperti bermain game dan nonton film, atau bisa juga untuk pelajar yang membutuhkan laptop untuk pembelajaran, Asus ExpertBook B3 Flip intinya akan tetap bisa menunjang berbagai aktivitas mobile pengguna secara penuh dan minim gangguan.

Jadi sudah jelas dan lengkap ya tentang pembahasan Laptop next level seperti ExpertBook B3 Flip ini, dijamin nggak bakal ada kecewanya deh kalau punya perangkat keren kayak gini.

"Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) & B7 Flip (B7402) Blog Writing Competition bersama www.handikoo.com”

Related Posts

Posting Komentar