Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

Review film Parasite 2019, Tragedi si miskin dan si kaya

Posting Komentar

 

Parasite (2019)
Tema : Perjuangan kelas dan kesenjangan sosialGenre : drama, thrillerAktor : Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Jo Yeo-jeong, Choi Woo-sik, Jang Hye-jin, Park So-dam, Lee Jeong-eunDirectors: Bong Joon-hoRelease Date : 20 June 2019

Film garapan Bong Joon-ho ini ditanyangkan pada tanggal 24 Ju ni 2019 di bioskop Indonesia. Proses pembuatannya dimulai pada tanggal 18 Mei 2018 dan menghabiskan biaya sebesar 150 miliar lebih.

Disini, 'Parasite' menceritakan kisah sebuah keluarga miskin yang di dalamnya terdapat sepasang suami istri dan kedua anaknya. Mereka berusaha keluar dari jerat kemiskinan sekalipun dengan job melipat kotak pizza. Namun, perlahan nasib mereka berubah semenjak Ki Woo, yang merupakan salah satu dari anak mereka mendapat tawaran menjadi guru privat pengganti untuk anak perempuan dari keluarga kaya raya Park. Berbekal kualifikasi palsu dan kepintarannya, Ki Woo dengan mudah diterima sebagai bagian penting dari keluarga Park. Selain itu juga karena Ki Woo adalah rekomendasi dari Min Hyuk, orang terpercaya keluarga Park sekaligus teman dekat Ki Woo.

Sambil menyelam minum air, Ki Woo juga menggaet keluarganya agar berperan serta di rumah megah itu. Disitulah serangkaian kejadian mengejutkan mulai terjadi. Beberapa aksi licik yang nampak begitu natural, satu persatu dari keluarga Kim berhasil mengambil alih posisi para pekerja sebelumnya. Dan hidup berkecukupan serta uang yang terus berdatangan sudah mereka rasakan berkat memonopoli harta keluarga Park. Lantas, how does one get rid of parasite?  Sesuatu di basement-lah yang akan mengungkap semuanya.

Perbedaan setara sosial di film ini nampak sangat kentara. Seakan ada benteng tinggi yang menjulang antara si kaya dan si miskin. Keluarga Kim tinggal di rumah semi basement yang kecil dan kumuh. Berbanding terbalik dengan keluarga Park yang hidup serba mewah dan tercukupi. Namun, Alih alih meraih kebahagiaan, harapan untuk berada di strata yang sama hanyalah menjadi impian belaka. Batasan yang memikat pada awalnya justru menimbulkan kerugian di akhir. Pada awal film, kalian akan dibuat tertawa sejenak lalu berubah tegang. Dan suasana tegang itu akan terus menerus terjadi hingga akhir film.


Karakteristik para Tokoh film Parasite

Nah dibawah ini mungkin ada beberapa tokoh yang hadir dalam setiap scane film, dan menjadi garis besar yang berpengaruh dalam cerita.

1. Song Kang-ho sebagai Kim Ki-taek (Ayah keluarga Kim)

Kim Ki-taek merupakan seorang ayah yang licik dan menghalalkan segala cara agar dapat hidup mewah. Termasuk menipu. Sifat pendendam juga menghinggapinya, akibat Tuan Park yang selalu menyinggung bau badannya walau secara tidak langsung. Dia juga pribadi yang menyayangi anak-anaknya.

2. Jang Hye-jin sebagai Choong Sook (Istri Kim)


Choong Sook disini adalah pribadi yang tegas, sedikit galak, dan cerewet. Dia mengikuti alur yang diprogram oleh keluarganya dalam rangka menipu keluarga Park.

3. Choi Woo-shik sebagai Ki Woo/Kevin (Putra dari Kim)

Memiliki otak yang cerdas, Ki Woo tak pernah kehabisan akal untuk terus menipu keluarga Park. Ki Woo merupakan anak yang pintar namun tak bisa melanjutkan kuliahnya. Dia juga menguasai bahasa Inggris sehingga menjadi guru bahasa Inggris Da Hye.

4. Park So-dam sebagai Kim Ki-jeong/Jessica (Putri dari Kim)

Ki-jeong memiliki keterampilan di bidang desain grafis. Lagi-lagi dia tak bisa melanjutkan kuliah karena terbentur ekonomi keluarganya. Ki-jeong suka melakukan apapun sesuka hatinya dan juga pemalas.

 5. Lee Sun-Kyun sebagai Park Dong-ik (Ayah keluarga Park)

Seorang kepala keluarga yang kaya raya dan sangat perhatian dengan anak-anaknya. Dia teliti dan berpikiran cermat kepada para pegawai di rumahnya. Ucapannya yang mengungkit fakta tentang bau badan Kim Ki-taek mengakibatkan dirinya dibunuh di akhir cerita.

6. Cho Yeo-jeong sebagai Yeon-gyo (Istri dari Park)

Yeon-gyo adalah sosok ibu rumah tangga yang ceria, ramah, dan baik hati. Ia menyukai anjing, tak pandai mengurus rumah, selain itu dia juga mudah ditipu oleh keluarga Kim yang notabene merupakan pegawai di rumahnya sendiri.

7. Jung Ji-so sebagai Da Hye (Putri dari Keluarga Park)

Da Hye adalah anak pertama dari keluarga Park. Seperti kebanyakan remaja pada umumnya, Da Hye sangat mudah jatuh cinta dan pecemburu. Dia dan Ki Woo diam-diam memupuk rasa ketertarikan sewaktu les berlangsung.

8. Jeong Hyun Jun sebagai Park Da-Song (Putra dari Keluarga Park)

Da Song memiliki peran yang kuat. Bocah 6 tahun ini digambarkan begitu sangat aktif atau usil  sehingga harus menjalani pendidikan khusus dan intensif di rumah dan ditangani oleh Jessica. Dia juga sebenarnya menjadi peran penting dalam masalah yang sedang ada dan ia bisa merasakan ada kejanggalan pada rumahnya walaupun tak disampaikan oleh kedua orangtuanya.

 9. Lee Jung-eun sebagai Moon-gwang (Mantan pembantu dari keluarga Park)

Pembantu lama dan setia yang bekerja di rumah keluarga Park. Moon gwang ketahuan oleh keluarga Kim karena menyembunyikan suaminya di ruang bawah tanah rumah mewah itu karena dikejar rentenir yang menagih hutang.

10. Park Myung Hoon sebagai Geun-se (Suami dari Moon-gwang)

Suami Moon Gwang yang harus mendekam dalam waktu yang cukup lama di basement rumah keluarga Park tanpa sepengetahuan sang pemilik rumah. Dia memiliki keterbatasan psikis dan selalu menanti kedatangan istrinya untuk sekadar membawakan makanan.

11. Park Seo Joon sebagai Min Hyuk (Teman Ki-woo/ mantan guru les private keluarga Park)

Min Hyuk merupakan teman dekat Ki Woo. Sikapnya baik, ramah, dan suka membantu. Merupakan guru privat pertama Da Hye yang akan melanjutkan pendidikannya di luar negeri dan merekomendasikan Ki Woo setelahnya.

Yang patut diapresiasi dan dampak positif dari film 'Parasite'

Parasite merupakan film Korea pertama yang berhasil membawa pulang piala 'Best Picture' dalam Oscars.

Film yang dibintangi aktor tampan Choi Woo-shik ini menampilkan konflik yang berat namun dapat tersalurkan dengan baik bagi para penonton. Alurnya cepat, unik, menarik, dan endingnya memuaskan.

Peran para aktor seperti Song Kang-ho, Cho Yeo-jeong, Park So-dam, Lee Sun-kyun, dan para aktor lainnya pun sungguh memukau sepanjang jalannya cerita, mereka menunjang dengan baik adegan demi adegan yang mereka perankan. Dan dibalik film yang menarik ini, ada para kru yang sukses menjadikan film Parasite terlihat realistis dan menyentuh, seperti Kyung-pyo Hong (penata sinematografi), Ji-yong Kim (penata kamera), Jin Her dan Dong-yul Kang (penata rias dan busana) dan masih banyak lainnya. 

Bong Joon-ho juga bekerja sama dengan colorist untuk memastikan setiap adegan terjaga tekstur dan kualitasnya. Setting yang begitu nyata dan menyentuh permukaan hati, tak heran apabila 'Parasite' meraih rating yang cukup tinggi. Dan bagi saya film ini dapat dikatakan Daebak!

Dan membahas mengenai kesenjangan sosial dan ketidaksetaraan kelas sosial di film 'Parasite', berikut juga ada dampak positifnya. Salah satunya adalah memberi kesempatan untuk bermimpi dan berusaha menggapai kesetaraan kelas. Tentunya terlepas dari tindakan curang. Dengan begitu kemiskinan mungkin akan mengikis sedikit demi sedikit. Dan perlakuan keluarga Park dan keluarga Kim yang sama-sama menyayangi anak-anaknya sangatlah membuat terharu. Walaupun rasa kasih sayang keluarga Kim cenderung tersirat.

Dampak negatif dari upaya menggapai kesenjangan sosial

Film Parasite sangat pintar dalam menunjukkan keberadaan masyarakat yang melegalkan tindakan kriminal demi keluarganya dan untuk bertahan hidup.Baik konflik kecil maupun besar, dengan memperjuangkan kesetaraan kelas sosial juga bisa menjadikan seseorang hanya akan fokus pada upayanya dalam menggapai kemenangan dan mementingkan dirinya sendiri. 

Dan hal itu dapat menimbulkan sikap acuh tak acuh pada lingkungan sekitar. Seperti yang ditunjukkan pada tabiat keluarga Kim, mereka sama sekali tak menampilkan rasa bersalah, keluarga Kim malah mengembangkannya secara natural dan indah dengan anggapan bahwa semua hal yang dilakukan sejak awal adalah wajar. Bahkan Min Hyuk, teman Ki Woo yang notabene orang terpelajar, tapi mendorong Ki-woo untuk memalsukan dokumen. 

Di lain hal, menurut saya ada baiknya apabila 'Parasite' tidak menampilkan adegan dewasa yang cukup detail. Bagaimanapun seorang yang masih di bawah umur dapat dengan mudah menontonnya ketika lepas dari pengawasan orang tua

Jadi Kesimpulannya...

Dari sekian karya yang telah saya tonton, tentunya masing-masing dari mereka akan selalu memiliki tempat khusus di hati saya. Tapi harus dikatakan bahwa 'Parasite' memiliki privilege sendiri di hati saya. Cerita yang begitu hebat membuat saya peduli peduli akan dampak menggapai kelas sosial secara menyimpang. 

Bagaimanapun film yang dirilis tahun 2019 ini sangat direkomendasikan untuk dinikmati. Rating dari saya yang sudah terpikirkan sejak detik mengamati berakhirnya film adalah 10 dari 10 dengan senang hati. Haha. Terimakasih sudah membaca semoga bisa memberi kamu gambaran tentang Film super keren ini.

Baca Review-an Film lainnya

Nah untuk kamu yang ingin membaca lagi review-review film secara lengkap dan menyenangkan, Yuk kunjungi Situs BacaTerus untuk mendapatkan pengetahuan tentang dunia perfilman. Tunggu apa lagi yuk baca reviewan menarik lainnya di Bacaterus. Masih banyak antrian film yang perlu kamu tonton 😁

Related Posts

Posting Komentar