Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

11 Cara Mengatasi HP Lag saat main Game, ini Solusinya!

Posting Komentar
cara mengatasi hp lag saat main game

Lagi seru-serunya main game tiba-tiba Lag, Tentunya ini adalah hal yang paling menyebalkan ketika main game. Memang ketika lag tejadi game akan menjadi tersa berat di mainkan, permainan menjadi patah-patah, suara tidak karuan, dan lain sebagainya. Menurut saya ini sangat menggangu kenyamanan,

Sebenarnya kenapa sih ketika kita main game itu Lag atau Lemot, Ada banyak penyebab yang mempengaruhinya. Bisa jadi karena Spesifikasi HP kamu atau juga bisa karena sinyal. 

Namun apakah kamu sadar bahwa penyebab yang kemungkinan bisa terjadi adalah karena cara pemakaian ponsel yang kamu gunakan. Begini-begini seiring pemakaian ponsel, RAM akan semakin menyempit dan alhasil Performa HP akan menurun. 

Menurunnya RAM ini bisa disebabkan karena lamanya Aktifitas kamu dalam memainkan game atau juga bisa karena kamu terlalu banyak Meninstall game sehingga kapasitas RAM akan mengecil dan dari game yang kamu mainkan pun juga akan meninggalkan cache yang menyebabkan lemotnya kinerja ponsel.

Tidak usah khawatir, sebab kali ini akan ada Cara untuk mengatasi game lag di android dengan Ampuh dan Tanpa Root lho. Bagaimana caranya? langsung saja simak tutotial di bawah ini

Cara Ampuh Mengatasi HP Lag saat Main game

Karena banyak cara untuk mengatasi game yang lag dengan Root, memang sih ampuh. Tetapi tidak semua ponsel memiliki akses root di handphonenya, Maka dari itu saya akan membagikan tutorial berbeda yaitu Mengatasi Game lag di android Tanpa root sama sekali.


1. Hapus Cache dari Game yang LAG

Mungkin kamu yang membaca ini belum tahu apa itu cache? jadi cache adalah tempat penyimpanan sementara yang biasanya bertugas untuk mempercepat waktu respon ketika kita membuka sesuatu, contoh saja Game.

Inilah yang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi lag yaitu menghapus cache dari game tersebut, memang sih ada kelebihanya dari menyimpan cache, Namun apakah kamu tahu bahwa seiring menumpuknya cache maka akan semakin membesar pula kapasitas ruangan Handphone kamu dan inilah yang menjadi masalah.

Maka tindakan menghapus cache bisa juga untuk melakukan perbaikan pada suatu game agar tidak lag atau lemot, satu lagi cara ini juga bisa untuk menangani game yang sering keluar sendiri (force close).

Untuk caranya silahkan simak tutorial di bawah ini.

  1. Silahkan masuk ke pengaturan Handphone kamu.
  2. Buka menu Aplikasi > kemudian cari Game yang ingin kamu atasi lag nya.
  3. Setelah itu klik tulisan Penyimpanan > Jika sudah silahkan klik Hapus Cache.
  4. Selesai!,coba lihat hasilnya apakah game yang sebelumnya error atau lag akan kembali berjalan lancar dan lihat juga memori internal kamu apakah bertambah kapasitasnya.
cara mengatasi game yang lag di android

2. Silahkan Hapus Aplikasi yang berjalan di Belakang Layar

Aplikasi atau game yang berjalan di belakang layar akan mempengarhui kapasitas RAM yang kamu gunakan, sebab jika kamu tidak melakukan clear maka akan banyak aplikasi-aplikasi yang beroperasi di backgroud. 

Ketika kamu tidak melakukan pembersihan ini maka HP akan terasa lemot dan performanya juga akan menurun ini di sebabkan karena handphone terus di paksa untuk multitasking, hal inilah yang menyebabkan Game terasa lag jika di mainkan.

Bukan hanya itu dampak lain yang akan di sebabkan adalah HP menjadi lebih cepat panas dan Baterai akan lebih cepat boros, Tidak ada salahnya selalu rajin memberisihkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Caranya sebanrnya sangat gampang kok, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

# Cara Pertama

Silahkan klik kanan di bagian tombol ponsel kamu. Lihat apakah ada game atau aplikasi yang masih terbuka atau berjalan di belakang layar, maka untuk menghapusnya adalah dengan Swipe up (usap keatas) aplikasi tersebut.

# Cara Kedua

Masuk ke pengaturan HP kamu > kemudian buka menu Aplikasi. Jika sudah silahkan cari dan klik Aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Lakukan tahap pemberhentian dengan mengklik tombol Paksa Berhenti.

mengatasi game yang lag di hp

3. Hapus Aplikasi dan File yang Tidak Terpakai

mengatasi game lag di smarphone

Mulai sekarang kamu harus lebih bijak-bijak lagi deh dalam menginstall aplikasi atau mendonwload file-file yang sekiraya tidak penting, jika tidak maka akan terjadi masalah baru yaitu menyesakkan memori internal Handphone kamu.

Inilah yang sering di abaikan, masih ada banyak orang yang membiarkan hal-hal yang tidak penting masuk ke memori handphonenya, padahal walaupun sepele ini bisa berpengaruh juga pada kenyamanan dari penggunaan Handphone, Yaitu ketika main game. 

Memori yang sesak akan menyebabkan performa handphone menurun, alhasil lag atau lemot lah yang akan kamu dapatkan. Maka dari itu upaya pembersihan sangat diperlukan.

Untuk menghapus Aplikasi atau file tidak penting itu mudah kok, kamu tinggal menentukan Prioritas kepada aplikasi atau game yang terinstall di ponsel kamu kemudian jika di rasa tidak terlalu penting maka hapus saja.


4. Uninstall Aplikasi Antivirus jika Perlu

cara mengatasi game lemot di hp

Lho kok di hapus kan buat keamanan? iya kamu harus hapus kalau mau Main gamenya bisa lancar. Sampai disini mungkin kamu masih bingung dan bertanya-tanya, okok akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Aplikasi Antivirus itu sebenarnya sangat memakan RAM ponsel, sebab aplikasi seperti ini akan selalu berjalan di latar belakang dan inilah salah satu penyebab Ketika main game sering lemot.

Apakah kamu tahu bahwa Android yang kamu gunakan tidak perlu lagi menginstall aplikasi antivirus, sebab sudah ada antivirus yang bernama Google Play Protect yang sudah ada di setiap Android terbaru.

Fitur ini adalah salah satu layanan yang resmi diluncurkan Google, yang fungsinya adalah untuk membuat keamanan baru di perangkat Android. Google Play Protect ini akan melindungi ponsel dari setiap potensi bahaya (malwer) dari Aplikasi yang terinstall di Handphone kamu.

Jadi sangat jelas bahwa fitur ini sangatlah berguna daripada memasang Aplikasi antivirus tambahan, kelebihan yang saya lihat adalah Google Play Protect ini bisa setiap waktu Memperingatkan jika ada bahaya yang mengintai ponselnya (virus), kedua adalah fitur ini dapat Menghapus aplikasi secara otomatis jika berpotensi membahayakan.


5. Matikan Mode Hemat daya

Oke memang mode hemat daya bisa menghemat daya baterai HP yang kita gunakan, sehingga akan menjadi tahan lama ketika mengguankannya. Jadi cara kerja mode hemat daya ini sederhana yaitu membatasi kerja CPU dan pada umumnya adalah untuk mengurangi daya pemrosesannya bisa juga untuk mematikan sebagian aplikasi tidak penting yang berjalan di belakang layar. 

Yang menjadi masalah adalah mode ini bisa membuat Game menjadi lag ketika di mainkan, karena ketika kita main game sistem akan membutuhkan banyak kekuatan pemrosesan. Namun disisi lain kamu menggunakan mode hamat daya yang dimana daya pemrosesannya dikurangi, maka akan terjadilah Lag atau lemot ini.

Sebenarnya mode ini banyak manfaatnya ketika dinyalakan, tapi jangan salah ada juga manfaatnya ketika di matikan. Jadi ketika mematikan mode hemat data perangkat kamu akan berjalan pada frekuensi yang optimal. cara inilah yang dapat mengalokasikan seluruh sumber daya pemrosesan untuk game bukan untuk penghematan daya baterai.

Lihat juga → 10 Cara Menghemat Baterai HP biar nggak Boros lagi


6. Jangan lupa untuk Update game

Biasanya game dengan versi lama banyak bug yang menyebabkan error atau lag. Sebab pengembang biasanya terus melakukan perbaikan masalah yaitu dengan melakuka update guna pengoptimalan versi agar lebih baik lagi.

Ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa HP kamu memiliki build terbaru dari pengembang game, sehingga versi yang sudah tidak available akan diganti dengan versi yang paling baru.

Sebenarnya untuk mengecek game yang melakukan Update itu mudah, begini caranya.


  1. Silahkan buka aplikasi Playstore di Smartphone kamu.
  2. Kemudian klik lingkaran profile akun Google, setelah itu pilih Kelola aplikasi & perangkat.
  3. Jika sudah klik tulisan Update tersedia.
  4. Nah disitu kamu akan menemukan banyak sekali aplikasi yang mungkin sudah kadaluarsa atau belum diupdate olehmu, klik Update jika ingin memperbarui satu persatu, atau klik Update semua untuk memperbarui semua aplikasi di Smartphonemu.

cara mengatasi game lag di android

7. Jangan Main game sambil di Cas

Inilah kebiasaan buruk orang-orang sekarang, yaitu melakukan charging sambil bermain game. Ini juga menjadi masalah lag yang sering terjadi ketika kamu main game, sebab hawa panas (overheat) yang ditimbulkan akan membuat performa ponsel menjadi melambat.

Sebab komponen sistem seperi (GPU, Processor, RAM, dll) akan menjadi lebih lama bekerja dari biasanya karena dipaksa untuk terus beroperasi meski dalam keadaan terlalu panas.

Bukan hanya itu, Sebenarnya banyak dampak buruk yang akan terjadi pada HP kamu jika terus-terusan menggunakannya sambil dicas. Masalah tersebut seperti Memendekkan kapasitas Baterai dan Menyebabkan sistem menjadi bermasalah.

Sedikit tips dari saya, Jika ingin memainkan game pastikan baterai sudah terisi penuh, dan jika baterai habis jangan malah main lagi terus sambil dicas, Jangan malas untuk menunggu baterai full dan istirhatkan juga Handphone sesaat untuk mengembalikan lagi performanya.

Lihat juga → 9 Cara Ngecas HP yang benar dan aman, biar lebih Awet!


8. Pastikan jaringan sudah 4G atau Sinyal sudah ngebut

Faktor sinyal juga bisa menjadi salah satu penyebab game menjadi lemot, Jika game tersebut online. ya mungkin kamu sudah tahulah jika bermain game online dan sinyanya jelek maka game tersebut juga akan lag.

Jika handphone kamu sudah mendukung jaringan 4G maka aktifkan lah, namun jika belum gunakanlah WIFI. Sebelum memainkan game online agar lebih seru dan nyaman, lebih baiknya kamu Mengetest terlebih dahulu kecepatan dari sinyal ditempatmu.

Ada beberapa tips dari saya untuk mengatasi sinyal yang sering lemot.

  • Matikan dan Hidupkan kembali mode pesawat guna mereset jaringan.
  • Lakukan setting APN (Access Point Names)
  • Main game saat Malam hari atau waktu dimana sedikit orang yang menggunakan Handphoneya.
  • Ganti kartu! coba tanya kepada teman-temanmu atau konter, Apa sih kartu operator yang ngebut di wilayahmu. 

9. Lakukan Restart game

Maksudnya adalah keluar dari aplikasi kemudian buka lagi. Inilah yang bisa mengatasi error atau lag ketika main game. Ketika melakukan restart akan secara otomatis akan melakukan pengulangan pada game yang fungsinya bisa Mengoptimalkan performa HP ketika membukanya kembali. 

Sebenarnya cara ini bisa kamu coba ketika sudah lama main game dan suhu HP terasa panas (performa menurun) lakukanlah restart ini dan diamkan hp beberapa menit. Jika dirasa suhu sudah kembali normal maka bukalah kembali gamenya, dan lihat Hasilnya.


10. Gunakan Aplikasi Game Booster 4x

mengatasi game lemot di andorid

Kali ini kita akan memanfaat aplikasi tambahan yang fungsinya adalah untuk membuat game tidak lagi lag, Aplikasi bernama Game Booster 4x ini bisa kamu gunakan tanpa akses ROOT sama sekali. 

Sebenarnya aplikasi ini hanya sebagai alternatif saja untuk peningkatan performa dari Handphone dengan sekali klik, dan peningkatan ini akan berdampak ketika kamu memainkan game. 

Lalu bagaimana caranya agar bisa lancar saat main game dengan Game Booster 4x, oke simak tutorial di bawah ini.

1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di Playstore.

2. Kemudian buka aplikasi tersebut, dan lihatlah penjelasan di bawah ini.


  • Lihat pada bagian BOOST : gunannya adalah untuk mengecek semua aplikasi di HP kamu dan dilakukan pemberhentian jika sedang berjalan di belakang layar.
  • Lihat pada bagian ULTRA BOOST : Ini adalah fitur unutk melakukan boost terhadap device hp kamu sehingga nyaman ketika main game dan tanpa lag. Mungkin untuk mengaktifkan mode ini kamu harus melihat iklan terlebih dahulu.
  • Lihat pada bagian GFX TOOL : bagian untuk melakukan setting terhadap beberapa aspek seperti Resolution, FPS, serta  Graphics.

3. Setelah kamu melakukan setting, selanjutnya klik ikon + (Add Game) > silahkan pilih game yang ingin di atasi lagnya > kemudian jika sudah buka game itu dari aplikasi ini. Dan rasakan perbedaannya!


11. Gunakan Aplikasi Greenify

Ini hanyalah alternatif saja jika kamu tidak menyukai aplikasi game booster diatas, sebenarnya sama fungsinya yaitu untuk mengatasi game yang lag.

Metodenya adalah dengan melakukan Hibernasi. hibernasi ini fungsinya adalah untuk meningkatkan kinerja dari hp sehingga bisa berjalan dengan lancar, jadi semua Handphone akan menindurkan atau menonaktifkan aplikasi yang berjalan di belakang layar sehingga performa hp akan meningkat.

Kali ini kita akan menggunakan Aplikasi bernama Greenify, perlu kamu tahu bahwa aplikasi ini bisa diakses Dengan ROOT dan Tanpa ROOT

1. Silahkan Download Aplikasi Greenify di Playstore

2. Jika pertama kali menggunakannya aplikasi ini maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Silahkan pilih saja My device is NOT rooted (opsi ini dipilih jika hp kamu belum ada akses root) > kemudian klik Berikutnya.

3. Untuk mengizinkan aplikasi Greenify melakukan hibernasi maka klik Grant Permission dan ikuti langkah-langkah > seperti biasa jika sudah klik berikutnya.

4. Lihat ikon + pada pojok kanan bawah > maka kamu akan menemukan daftar Aplikasi dan Game yang terinstall di HPmu > silahkan pilih saja game mana yang dirasa lag.

5. Jika sudah terimport gamenya, maka tampilannya akan seperti dibawah ini, klik game tersebut > dan klik tombol (buka) di pojok bawah.

cara mengatasi game lag dengan greenify

🎮 Rekomendasi Game keren : 


Penutup

Nah itulah tutorial tentang cara mengatasi game yang lag, sebenarnya cara-cara diatas hanyalah cara opsional saja, mungkin hanya berpengaruh sekian persen, namun tetap work untuk di coba kok. 

Lag tidaknya game, sebenarnya sangat mengacu pada spesifikasi daripada Smartphone tersebut, kalau Prosessornya bagus ya mungkin tidak ada yang namnya lag atau lemot, jadi kembali lagi ke spek smartphone sobat.Akhir kata, terimakasih semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua. 

Related Posts

Posting Komentar