Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

2 Cara Mengganti default Browser Xiaomi agar bukan Mi Browser

Posting Komentar
cara mengganti default browser xiaomi

Cara mengganti default browser Xiaomi – Browser menjadi satu aplikasi penting dan sering kita gunakan untuk berselancar di internet. Dengan Browser kita bisa mengakses berbagai informasi atau hiburan lewat suatu website yang kita buka.

Secara default sendiri biasanya Smartphone sekarang itu sudah memiliki browser bawaan yang tertanam di sistem. Seperti Xiaomi yang memiliki Mi Browser, untuk sebagian orang mungkin ini sangat membantu karena kita bisa menjelajah internet tanpa harus mendownload browser tambahan lagi, tapi sebagian juga (termasuk saya :v) merasa kurang nyaman ketika membuka sebuah website dengan aplikasi browser bawaan dari xiaomi ini, rasanya seperti asing dan berbeda saja dari segi tampilan maupun fitur-fiturnya.

Nah Browser bawaan dari xiaomi ini terkadang menjadi browser default yang akan selalu terbuka ketika kita membuka link dari luar browser.

Perlu beberapa cara untuk mengganti browser default xiaomi agar ketika kita membuka link bisa diarahkan langsung ke browser favorit. Untuk langkah-langkahnya kita akan bahas di tutorial berikut ini.

2 Cara Mengganti Default Browser Xiaomi dengan Mudah

Jadi misal kamu ingin menjadikan chrome sebagai default browser di xiaomi, Nah diperlukan beberapa konfigurasi lewat pengaturan di HP Xiaomi kamu. Akan ada 2 langkah cara menghapus dan mengubah default browser xiaomi yang dimana ini bisa diterapkan untuk MIUI 9, 10, 11, bahkan 12.

Dalam tutorial kali ini saya menggunakan MIUI 10 (jadi mungkin nanti akan ada perbedaan tata letak atau tampilan dari pengaturan, tetapi untuk secara keseluruhan step-by-step akan tetap sama.)

Langkah #1 - Cara Menghapus default browser Xiaomi

Oke pada cara pertama ini kita akan mencoba untuk menghapus default browser bawaan dari xiaomi yang biasanya akan menjadi browser yang akan selalu terbuka ketika kamu ingin membuka sebuah link. Begini caranya :

  • Pertama silahkan masuk ke Pengaturan.
  • Kemudian scroll kebawah dan klik Aplikasi sistem.
  • Setelah kamu klik, maka kamu akan menemukan beberapa aplikasi bawaan dari Xiaomi. Klik saja yang Browser.
  • Jika sudah masuk, Nonaktifkan saja tombol aktif pada Setel sebagai browser bawaan.

cara menghapus default browser dari xiaomi

  • Maka akan muncul peringatan, klik saja Ganti.
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke Info Apl dari Mi Browser. Scroll kebawah dan klik Hapus Bawaan.
  • Kalau sudah, coba kamu kembali. Disana bisa dilihat kalau Mi Browser sudah bukan sebagai browser bawaan. Artinya cara untuk menghapus Mi browser sebagai default browser sudah berhasil!

cara menghapus default browser dari xiaomi

Langkah #2 -  Cara menjadikan Chrome sebagai Default Browser di Xiaomi

Jika sudah dihapus default browser di HP Xiaomi kamu, kita tinggal masuk ke langkah 2 untuk menjadikan Chrome sebagai default browser yang akan selalu terbuka ketika kita pertama kali mengklik sebuah link. Begini caranya :

  • Seperti tadi langsung saja masuk ke Pengaturan.
  • Kemudian scroll kebawah, tapi kali ini kita buka yang Aplikasi Terinstall.
  • Kemudian klik titik tiga ︙ yang aja di pojok kanan atas, dan akan muncul beberapa pilihan. Klik pada pilihan Aplikasi awal.

cara menjadikan chrome sebagai default browser xiaomi

  • Kamu akan diarahkan pada pengaturan beberapa kategori default aplikasi xiaomi, seperti Kamera, musik, Pemutar Video, sampai Browser yang akan kita coba. Disini klik saja yang Browser.
  • Setelah itu kamu akan masuk lagi ke beberapa pilihan untuk default browser, misal disini saya ingin menjadikan Chrome sebagai default browser pada Xiaomi. Maka klik saja Chrome, dan otomatis aplikasi tersebut akan terpilih.

cara menjadikan chrome sebagai default browser xiaomi           
Lihat Juga → Biar lebih Aman! ini dia 2 Cara mengunci Aplikasi di Xiaomi dengan Mudah

⍰ Apa artinya Browser default?

Browser default atau Aplikasi default pada HP itu adalah aplikasi yang sebelumnya sudah diinstall pada HP langsung dari pabrikannya. Jadi biasanya yang default-default ini susah untuk dihapus, ya seperti tutorial di atas kita tidak bisa menghapus Mi Browser sebagai default browser, tetapi kita bisa mengganti ke lainnya dengan melakukan beberapa pengaturan.

⍰ Bagaimana cara mengganti browser default di Xiaomi?

Seperti yang sudah saya sampaikan langkah-langkahnya diatas, kamu bisa mengikuti satu persatu langkahnya dan silahkan atur sendiri, ingin mengganti default browser ke Chrome, Mozilla Firefox, atau yang lainnya?

⍰ Apakah mengganti default browser ini aman untuk Xiaomi?

Sejauh ini tidak ada masalah, karena memang Xiaomi sendiri memberikan opsi. Jadi tidak masalah jika kamu tidak menggunakan Mi Browser sebagai default browsermu dan menggantinya ke browser lain, seperti Chrome.

⍰ Ini work untuk MIUI versi berapa saja?

Opsi untuk mengganti default Browser di Xiaomi ini sebenarnya bisa kamu lakukan untuk MIUI versi berapa saja, yang berbeda mungkin adalah tampilan atau tata letak dari Pengaturannya.

Lihat juga → 8 Cara membersihkan memori internal Xiaomi yang penuh, Biar gak lemot

Penutup

Sebagai penutup, menurut saya opsi untuk mengganti default browser di Xiaomi itu adalah selera sih. Sebagai browser buatan sendiri, tentu ada kelebihan dan kekurangan pastinya. Sebagian orang mungkin menganggap tampilan atau desain dari browser ini agak asing dan membingungkan, sebagian juga mungkin berpendapat Mi browser sangat nyaman digunakan. Nah lagi-lagi itu tergantung selera kan?

Jika kamu ingin berpindah ke Chrome, Firefox, Microsoft Edge, atau Opera sebagai default browser juga bisa, kamu tinggal mengikuti tutorial di atas dengan benar.

Mungkin sampai sini saja untuk artikel cara mengganti default browser xiaomi seperti yang saya sampaikan diatas, Semoga bisa membantu taman-teman. Sekian dan terimakasih

Related Posts

Posting Komentar