Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

3 Cara Mempercepat Jaringan Telkomsel di Semua HP Xiaomi

Posting Komentar
cara mempercepat jaringan telkomsel di hp xiaomi

Terkadang kita sering dibuat bete dengan lemotnya internet di hp xiaomi kita, apalagi buat yang pake operator seluler Telkomsel. tentu hal ini akan membuat emosi apalagi kalau pas lagi seru-serunya main game atau lagi sosmedan tiba-tiba jaringan langsung lemot gak tau kenapa.

Padahal kalau kita lihat dari riset Laporan Pengalaman Jaringan Seluler di indonesia oleh OpenSignal pada Juli 2022 lalu, Telkomsel berada di peringkat kedua sebagai operator tercepat untuk download yang mencatat angka di 16,3 Mbps dan peringkat pertama untuk tercepat dalam pengunggahan dengan 7,7 Mbps

Nah untuk masalah Operator Seluler mungkin bisa kita lihat bahwa dari statistik Telkomsel sebenarnya tidak ada masalah bahkan tergolong sebagai Operator terbaik di indonesia. tetapi kadang ada beberapa faktor lain yang terjadi sehingga jaringan internet telkomsel di hp xiaomi kalian menjadi lemot.

Cara Mempercepat Jaringan Telkomsel di HP Xiaomi

Bukan hal yang aneh lagi sebagai pengguna teknologi yang semakin aktif di era digital saat ini, internet yang kencang menjadi pertimbangan serius, sebab dengan hal ini tentu kita bisa melakukan berbagai aktivitas digital dengan lancar dan cepat tanpa masalah seperti lemot atau buffering.

Oke untuk masalah lemot internet pada telkomsel ini kita bisa atasi sama-sama dengan beberapa cara mempercepat jaringan di hp xiaomi berikut ini.

Lihat juga → 2 Cara untuk Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi biar Aman

1. Mengubah jaringan ke 4G Only

Cara pertama adalah mengubah jaringan ke 4g only atau istilahnya adalah melakukan lock jaringan 4G. Langkah yang bisa kalian lakukan sangatlah mudah, kalian hanya perlu memanfaatkan fitur bawaan yang ada di hp xiaomi dengan memasukkan dial khusus untuk masuk ke setting jaringan ini.

  • Buka Telepon -> Ketikkan *#*#4636#*#*
  • Nah setelah itu akan muncul menu setting pengaturan jaringan disana, klik saja Informasi Telepon (pilih sesuai kartu kalian).


cara mempercepat jaringan telkomsel di hp xiaomi

  • Kemudian scroll kebawah -> klik LTE/ GSM auto (PRL)
  • Akan muncul pop-up pilihan jaringan disana, temukan dan klik LTE only. Selesai!
cara mempercepat jaringan telkomsel di hp xiaomi

2. Melakukan Setting APN Telkomsel

Kalau cara kali ini mungkin sudah familiar sekali di telinga kalian, sebab sudah banyak sekali tutorial-tutorial yang bertebaran di internet tentang cara mempercepat internet, dan pasti melakukan setting APN adalah salah satu cara ampuhnya.

Nah maka dari itu Setting  APN Telkomsel 4G Xiaomi bisa dilakukan lewat menu pengaturan di hp kalian. Untuk langkah-langkahnya simak dibawah ini.

  • Pertama silahkan masuk Pengaturan di hp xiaomi -> kemudian cari dan klik Kartu SIM & Jaringan -> klik TELKOMSEL -> dan Nama Titik Akses (APN)

cara mempercepat jaringan telkomsel di hp xiaomi

  • Maka akan muncul menu baru,  klik saja + APN Baru di bagian bawah tampilan
  • Nah jika sudah muncul halaman seperti no.4 silahkan lakukan setting APN Telkomsel Tercepat tersebut.
cara mempercepat jaringan telkomsel di hp xiaomi

3. Internetan pas tengah malam

cara mempercepat jaringan telkomsel di hp xiaomi

Sebagian dari kalian mungkin sudah tahu dan mungkin juga belum, bahwa faktanya kalau kita internetan pas malam hari kualitas jaringannya mendadak ngebut, bahkan jarang sekali terjadi lemot.

Bahkan kadang kita rela beli kuota malam telkomsel (biasanya sih dari jam 12 malam sampai jam 7 pagi) hanya untuk mendownload file yang besar atau sekedar ingin merasakan sensasi ngebutnya internet.

Nah hal ini sebenarnya disebabkan oleh penggunaan internet pada waktu tidak sibuk orang-orang menggunakannya, maksudnya adalah berkurangnya pengguna jaringan yang mengaktifkan data seluler mereka untuk digunakan alhasil hal ini membuat sinyal internet berada di kualitas terbaiknya.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

Kalau bisa saya sampaikan beberapa cara mempercepat jaringan telkomsel di hp xiaomi diatas mungkin bisa mengatasi lemotnya  internet. Tetapi ada hal-hal eksternal lain yang perlu kalian tahu juga bahwa ada faktor lain yang menjadi penyebab masalah ini.

  • Jenis Jaringan : contoh seperti 5G mungkin akan lebih ngebut daripada 4G
  • Jarak dengan Pemancar Jaringan : jika perangkat kalian dekat dengan pemancar sinyal seperti BTS, Repeater, Access Point, atau Modem maka otomatis sinyal akan semakin cepat.
  • Bandwidth : Semakin banyak bandwith yang disediakan oleh ISP maka sudah pasti semakin cepat pula kecepatan akses internet yang didapat pengguna.
  • Perangkat itu sendiri : Tidak lupa juga perangkat kalian itu memiliki peranan penting juga dalam kecepatan jaringan internet. Perangkat yang memiliki RAM, Prosesor, dan Memori besar dan bagus maka semakin kencang juga sinyalnya.
  • Jumlah perangkat atau pengguna : semakin banyak perangkat/ pengguna yang terhubung dalam sebuah aktivitas internet maka semakin banyak pula bandwidth yang dibutuhkan, inilah mengapa saya sebutkan bahwa internetan di saat malam hari itu lebih kenceng.

Penutup

Nah setelah mengetahui hal-hal diatas, bagaimana apakah sampai sini kalian paham bahwa lemotnya internet ini dipengaruhi oleh beberapa hal, bisa karena faktor internal dan bisa juga karena faktor eksternal.

Tetapi setelah selesai membaca artikel ini kalian tidak perlu khawatir lagi, karena kalian bisa mengikuti 4 solusi diatas sebagai cara ampuh untuk mempercepat jaringan di hp xiaomi dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related Posts

Posting Komentar