Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

4 Cara Membersihkan Cache di Hp Xiaomi sampai Akar-akar

Posting Komentar
cara menghapus cache di hp xiaomi

Cara Membersihkan Cache atau File Sampah di HP Xiaomi – Sebagai pengguna smartphone yang intensif tentunya kita tidak luput sering merasakan perangkat yang kita pakai itu lemot, lelet, atau kurang responsif saat dipakai. Hal ini sebenarnya wajar saja ketika sebuah smartphone itu sudah dipakai dalam waktu yang lama, apalagi dengan penggunaanya yang intens.

Nah hal inilah yang kadang membuat kita emosi sendiri. Salah satu cara penyegaran smartphone terutama xiaomi yakni dengan melakukan pembersihan file sampah atau disebutnya sebagai cache,

Cara ini terbilang sangat ampuh sekali, sebab kalau kalian tahu arti dari cache ini mungkin akan paham. Berikut kita sedikit singgung tentang arti cache, dan mengapa bisa mengatasi hp yang lemot.

Apakah Cache ampuh untuk mengatasi HP lemot?

Jadi fungsi utama dari cache ini adalah mempercepat sebuah hp atau aplikasi itu sendiri ketika kalian ingin membukanya. Cache atau file sampah ini akan muncul ketika kalian mengakses suatu aplikasi  dan ini istilahnya seperti kalian membuka aplikasi = akan meninggalkan jejak/ sampah.

Sebenarnya adanya sebuah file cache itu sangat baik lo, karena dapat mempercepat waktu ketika membuka sebuah aplikasi (jadi seperti kita tidak perlu memulainya dari awal). Namun kebanyakan cache ini juga mempengaruhi kinerja dari memori internal dan juga RAM. Semakin menumpuk cache tentu akan membuat hp terasa berat, lemot, dan bisa juga membuat memori penuh.

Bagaimana apakah sampai sini sudah paham? Kalau sudah pasti kalian juga sudah tahu apa manfaat yang akan kalian dapatkan ketika membersihkan cache? Dibawah ini kita akan membahas Cara Membersihkan cache di HP Xiaomi dengan beberapa metode cara yang bisa kalian praktekan sendiri.

Lihat juga → 2 Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi biar Aman

Cara Membersihkan Cache atau File Sampah di HP Xiaomi

Cara menghapus cache di HP Xiaomi ini sangat mudah, apalagi dengan antarmuka MIUInya yang juga sudah di bekali dengan fitur pembersih yang memudahkan. Tetapi selain daripada itu kalian juga bisa menggunakan cara lain seperti lewat pengaturan/ tanpa aplikasi, atau menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

1. Menghapus Semua cache lewat Pengaturan

Cara pertama ini sering saya lakukan untuk hp xiaomi saya, dengan menggunakan cara ini otomatis semua cache yang ada di sistem atau aplikasi akan terhapus semua dengan satu kali klik saja. Ini tentu akan menghemat tenaga juga.

  • Pertama silahkan masuk ke Pengaturan
  • Klik Penyimpanan
  • Nah temukan tulisan Data dalam cache, klik dan akan ada pop-up untuk menghapus semua data cache dalam aplikasi. Untuk menghapusnya tentu klik saja Oke.
cara membersihkan cache di hp xiaomi

2. Menghapus cache dari satu aplikasi tertentu

Nah kalau cara ini biasanya saya gunakan ketika sebuah aplikasi itu bermasalah, atau mungkin kadang terhenti sendiri. Hal ini perlu penyegaran ke aplikasi tertentu dengan menghapus cache aplikasi tersebut, begini caranya.

  • Masuk ke Pengaturan
  • Scroll kebawah dan klik Aplikasi Terinstall.
  • Disana silahkan pilih Aplikasi tertentu yang ingin kalian hapus cachenya.
  • Kemudian klik Penyimpanan.
cara membersihkan cache di hp xiaomi
  • Setelah itu setelah masuk disana, lihat pada bagian bawah. dan klik saja Hapus data.
  • Maka akan muncul pop-up, lalu klik Bersihkan cache.
cara membersihkan cache di hp xiaomi

3. Membersihkan cache secara Menyeluruh lewat fitur MIUI

MIUI itu memiliki fitur bawaan yang bisa membersihkan seluruh cache atau file sampah di HP Xiaomi kalian, langkahnya pun mudah dan cepat. Selain pembersih sampah, fitur ini juga menyediakan fitur Keamanan, dan menghapus aplikasi atau berkas file dengan mudah dan sekali klik saja. Tetapi disini kita akan mencobanya dalam cara untuk menghapus cache.

  • Buka Aplikasi sistem Keamanan yang ada di HP Xiaomi kalian.
  • Kemudian klik Pembersih
  • Tunggu proses pemindaian sampai selesai, jika sudah klik saja Bersihkan. Selesai cache akan terhapus dan memori akan lega.
cara membersihkan cache di hp xiaomi

4. Membersihkan cache lewat aplikasi CCLeaner

Sedikit sama dengan cara no.3 , bedanya adalah disini kita akan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang lebih profesional juga dan khusus untuk cleaner. Pada kesempatan kali ini, saya ingin menggunakan satu aplikasi yang sangat populer sekali baik di PC maupun di HP.

  • Sebelumnya kalian install dulu aplikasi CCleaner. Jika sudah langsung saja buka.
  • Di Menu awal klik Pembersihan Cepat.
  • Tunggu sampai pemindaian sampah selesai, jika sudah centang bagian Cache Terlihat, lalu klik Selesaikan Pembersihan. Selesai!
cara membersihkan cache di hp xiaomi

Lihat Juga → 8 Cara Membersihkan Memori Internal Xiaomi yang Penuh sampai Bersih

⍰ Apa itu Cache?

Jadi singkatnya cache adalah file temporary yang dihasilkan oleh system dan aplikasi, ini muncul ketika pengguna menjalankan aplikasi atau perintah tertentu.

⍰ Dari ke-4 cara diatas, mana yang paling direkomendasikan?

Semua cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, saya tidak bisa menyebutkan mana yang baik dilakukan. Tetapi saya sendiri sering menggunakan cara 2,3,4 secara bersamaan. Kadang ada saja cache yang terlewat untuk dihapus, jadi saya sekalian melakukan pembersihan secara menyeluruh secara otomatis dengan bantuan aplikasi juga.

⍰ Apa fungsi menghapus cache?

Melegakan memori penyimpanan internal, Membuat kinerja hp menjadi lebih sedikit baik, menyegarkan & mengatasi beberapa aplikasi yang bermasalah seperti gagal akses, lemot, dll.

⍰ Jika hapus cache apakah data akan hilang?

Pastinya tidak! Cache itu hanyalah sebuah sampah atau file sementara. Sehingga kalian tidak akan pernah kehilangan data apapun yang ada di memori internal atau penyimpanan.

⍰ Apakah ada dampak buruk menghapus cache?

Walau tidak terlalu berdampak buruk, tetapi ada beberapa hal yang mungkin bakal tidak disukai semua orang. Seperti ketika kalian menghapus cache itu akan membuat loading aplikasi yang akan dibuka menjadi lebih lama, baterai akan sedikit cepat terkuras karena sistem harus memulai lagi dari awal sehingga ini membutuhkan tenaga yang lebih daripada mengakses memori cache yang tersimpan/ tidak dihapus. Selain cara alternatif menghapus cache. 10 Cara Ampuh untuk Menghemat baterai HP berikut ini mungkin bisa kamu praktekkan juga.

Penutup

Begitulah cara membersihkan cache atau file sampai di hp xiaomi dengan mudah cepat, Bagaimana apakah kalian sudah mempraktekkannya? Apa yang kalian rasakan setelah cache dihapus? Pastinya memori akan semakin lega dan hp akan semakin ngebut hehe.

Perlu kalian ingat juga bahwa semua tutorial di atas mungkin ada sedikit perbedaan gambar dikarenakan versi MIUI yang berbeda seiring berjalannya waktu, jadi jika ada yang bingung dan ingin ditanyakan silahkan berkomentar. Semoga Bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar