Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Follow Us

8 Cara Membersihkan Penyimpanan Internal Xiaomi yang Penuh

Posting Komentar
Cara membersihkan penyimpanan memori internal xiaomi

Cara Membersihkan Penyimpanan Xiaomi – Seiring penggunaan HP Xiaomi pasti akan banyak file dan aplikasi yang tersimpan didalam memori. Terkadang hal ini perlu tetapi kadang juga tidak ketika file yang tersimpan tersebut malah membuat kapasitas memori menjadi penuh.

Umumnya Kapasitas penyimpanan memori internal HP Xiaomi sekarang mungkin sudah diatas 16GB, itupun belum untuk kebutuhan sistem yang biasanya memerlukan hampir separo dari kapasitas. Nah untuk menambah ruang kosong penyimpanan xiaomi, kamu perlu melakukan langkah membersihkan memori internal.

Selain dapat membuat ruang penyimpanan menjadi lebih lega, langkah ini juga berguna untuk membuat HP Xiaomi kesayangan kamu menjadi tidak lemot atau bahkan hang, yang biasanya terjadi karena sesaknya ruang yang ada di memori.

Cara Membersihkan Penyimpanan Xiaomi dengan Mudah

Untuk memperluas dan menghemat penggunaan memori, kamu bisa mengikuti beberapa cara yang bisa diikuti untuk membersihkan penyimpanan yang penuh di hp xiaomi. Berikut beberapa caranya,

1. Sortir Aplikasi atau Game yang paling Jarang digunakan

Cara pertama ini cukup mudah yakni melakukan sorting atau filter aplikasi dan game yang jarang kita buka di hp. Untungnya Xiaomi memiliki fitur bawaan ini untuk memudahkan penggunanya. Oke berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama buka Pengaturan di HP Xiaomi kamu.
  • Scroll kebawah dan masuk ke menu Aplikasi Terinstall.
  • Setelah itu perhatikan pada bagian atas, ubah Urut per status ke Frekuensi Penggunaan.
  • Scroll Kebawah dan temukan aplikasi mana yang jarang kamu pakai.
  • Dibawah ini aplikasi Disney+ saya pakai sekitar 1 bulan yang lalu, dan daripada membuat penuh memori maka saya akan menghapusnya.
cara membersihkan penyimpanan yang penuh lewat sortir aplikasi

2. Menghapus Cache Aplikasi

Cache ini adalah sekumpulan data sementara dari suatu aplikasi yang tersimpan di memori, biasanya data cache ini akan muncul ketika kamu habis membuka suatu aplikasi tertentu. Dan jika kamu terus-terusan memberikankannya menumpuk maka akan membuat penyimpanan kamu cepat penuh.

Cara untuk menghapus cache di xiaomi sangatlah mudah, kamu bisa menghapus satu persatu cache dari suatu aplikasi atau bisa juga melakukan penghapusan masal dengan bantuan aplikasi. Disini saya akan menggunakan cara penghapusan manual yang bisa kita praktekkan langsung lewat pengaturan di hp xiaomi.

  • Seperti biasa pertama menu Pengaturan.
  • Selanjutnya scroll kebawah dan klik Aplikasi Terinstall.
  • Disana silahkan cari aplikasi mana yang ingin kamu hapus cachenya.
  • Setelah itu klik Hapus data dan lanjut klik Bersihkan cache.
cara membersihkan penyimpanan yang penuh dengan menghapus cache aplikasi

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi Pembersih bawaan Xiaomi

Nah untuk kamu para pengguna setia Xiaomi yang sudah lama menggunakan merk HP ini mungkin sudah tahu bahwa perangkat ini memiliki sebuah aplikasi pembersih bawaan dari MIUI yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Seperti Membersihkan sampah, cache, menghapus aplikasi tidak berguna, menghapus file tidak penting, fitur Keamanan yang canggih, dan lain-lain.

  • Untuk Menggunakannya biasanya saya langsung mengklik ikon app Pembersih yang secara otomatis akan menghapus secara menyeluruh file-file sampah yang memenuhi memori penyimpanan.
cara membersihkan penyimpanan yang penuh dengan bantuan aplikasi bawaan xiaomi

  • Atau bisa juga kamu masuk ke app Keamanan. Kemudian klik Pembersih dan biarkan beberapa saat, jika pemindaian sampah sudah selesai klik saja Bersihkan.
cara membersihkan penyimpanan yang penuh dengan bantuan aplikasi bawaan xiaomi

4. Hapus beberapa File atau Media dari WhatsApp

Cara membersihkan penyimpanan xiaomi selanjutnya ini juga cukup efektif, pasalnya Whatsapp kadang menguras lumayan penyimpanan untuk media dan file apa saja yang kita terima, kita kirim, dan bahkan stiker, suara, gif itu tersimpan didalam memori.

cara membersihkan penyimpanan yang penuh dari aplikasi whatsapp

Silahkan kamu cek memori Penyimpanan di HP Xiaomi kamu, kemudian buka folder Whatsapp. Dan masuk ke folder Media. Disana kamu akan menemukan banyak sekali kumpulan apa saja yang kamu kirim dan terima melalui Whatsapp.

Jika kamu ingin mengosongkan penyimpanan lakukan penghapuskan di beberapa folder, terutama di bagian Sent. Disana kadang banyak media yang tidak berada di galeri tapi tersimpan di memori internal.

Lihat juga → 2 Cara untuk Mengunci/ Lock Aplikasi dengan aman di HP Xiaomi

5. Menghapus Data Browser yang kamu gunakan

Saat kamu melakukan browsing di HP, biasanya Aplikasi Browser akan menyimpan data-data tertentu ketika kamu masuk ke suatu website, nah nantinya data ini berfungsi untuk melakukan penghematan waktu ketika kita ingin kembali masuk ke website tersebut.

Ini hampir mirip dengan cache,  Jadi ketika kamu membuka website A kemarin mungkin loading akan sedikit melambat, tetapi ketika kamu membuka kembali web A hari ini maka loading kemungkinan akan lebih cepat. Hal ini terjadi karena data dari website tersebut masih tersimpan di Browser kamu.

Oke di lain sisi mungkin ini sangat membantu, tetapi seiring berjalannya waktu data yang tersimpan ini akan semakin menumpuk bahkan juga bisa memakan memori internal kamu. Maka saran saya jika kamu ingin melakukan pembersihan penyimpanan lebih baik hapus saja data-data dari browser ini, Untuk caranya mari kita simak langkah-langkah dibawah ini.

  • Masuk ke Pengaturan Xiaomi kamu.
  • Silahkan scroll dan temukan Aplikasi Terinstall.
  • Jika sudah dibuka, lanjut pilih Browser mana yang sering kamu buka atau gunakan. (disini saya memilih Chrome)
  • Nah jika sudah, klik Penyimpanan.
  • Kemudian Hapus data, dan pilih Kelola Ruang.
cara membersihkan penyimpanan yang penuh dari aplikasi browser chrome

  • Pada bagian dibawah ini kamu bisa melakukan pembersihan satu persatu, tergantung seberapa masif kamu ingin menghapus data-data browser.
cara membersihkan penyimpanan yang penuh dari aplikasi browser chrome

Informasi untuk gambar diatas :

  1. (no.1) Ini berguna untuk mengosongkan dan menghapus semua cookie, serta data-data lain dari sebuah website yang pernah kamu kunjungi yang dianggap tidak penting oleh Chrome.
  2. (no.2) melakukan penghapusan manual, pada bagian ini kamu bisa memilih ketika ingin menghapus beberapa data website yang tersimpan secara manual ataupun massal.
  3. (no.3) Menghapus semua data tanpa terkecuali, mungkin jika kamu ingin melakukan penghapusan secara menyeluruh pada browser yang kamu gunakan, kamu bisa memilih ini. Jadi semua data akun, password, bookmark, setelan yang tersimpan akan terhapus semua dan kembali ke setelan awal.

6. Menghapus Data Youtube

Salah satu aplikasi yang sering juga menguras banyak penyimpanan adalah Youtube. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan keseharian menonton video atau streaming di platform video satu ini.

Biasanya setelah kamu menonton video baik itu dalam waktu yang lama atau tidak, pasti akan meninggalkan yang namanya Cache aplikasi. Nah biasanya cache Youtube ini akan terus menumpuk dengan cepat kalau kamu juga sering membuka aplikasi ini. Untuk mengatasinya mari kita simak cara  berikut ini.

  • Masuk ke Pengaturan di HP Xiaomi kamu.
  • Scroll dan masuk ke menu Aplikasi Terinstall. Lakukan pencarian untuk aplikasi Youtube.
  • Setelah itu buka, dan masuk ke menu Penyimpanan.
  • Pada bagian bawah klik Hapus Data, dan akan muncul pilihan klik saja Hapus Cache.
  • Selesai!.
cara membersihkan penyimpanan yang penuh dari aplikasi youtube

7. Kamu bisa menambahkan Memori Eksternal (MicroSD)

Mungkin cara ini kebanyakan dari kamu sudah mengetahuinya, tapi siapa sangka bahwa langkah untuk memanfaatkan slot MicroSD ini sangat berguna apalagi untuk kamu yang memiliki HP Xiaomi dengan Penyimpanan yang sudah menipis atau hampir penuh.

Dengan menambahkan Memori Eksternal tentunya kamu bisa meningkatkan kapasitas memori penyimpanan tanpa susah payah.

Untuk kamu yang belum tahu, hampir kebanyakan HP Xiaomi kelas mid range dan low-end dipasaran saat ini sudah menyediakan slot untuk MicroSD. Mungkin hal ini untuk kepuasan pengguna yang kadang merasa masih kurang dengan kapasitas memori internalnya.

Namun untuk seri HP Xiaomi dikelas flagship memang sudah tidak menyediakan slot MicroSD ini. Nah maka jika kamu punya HP Xiaomi yang slot MicroSD masih kosong, bisa dimanfaatin tuh.

Dengan ini kamu bisa membuat ruang penyimpanan internal menjadi lebih lega. Kamu bisa memindahkan data-data seperti foto, musik, aplikasi, bahkan file-file besar ke memori kedua di HP kamu. 

8. Melakukan Reset Pabrik (Solusi terakhir)

Saya katakan ini sebagai solusi terakhir jika semua langkah 1-7 diatas belum bisa membuat penyimpanan kamu lebih lega. Maka langkah Reset pabrik atau factory reset jadi solusi dengan beberapa perhitungan tentunya.

Perlu kamu tahu juga dengan melakukan factory reset ini atau reset ke pengaturan pabrik, maka seluruh data atau file yang tersimpan di memori internal kamu akan terhapus semua secara permanen. Sehingga diperlukan langkah untuk mencadangkan file-file penting mu sebelum melakukan reset ini.

Jika kamu sudah benar-benar yakin ingin melakukan reset hp xiaomi kamu, maka kita ikuti langkah-langkah berikut.

  • Seperti biasa silahkan masuk ke Pengaturan.
  • Scroll kebawah dan klik Setelan Tambahan.
  • Setelah masuk klik Buat cadangan & setel ulang.
  • Kemudian klik Kembalikan ke setelan pabrik.
  • Dan pada bagian bawah klik Setel ulang telepon.  (setelah kamu klik maka akan ada peringatan diatas, tunggu dan ikuti proses berikutnya..)
cara membersihkan penyimpanan yang penuh dengan reset factory

⍰ Apa faktor penyebab penyimpanan Xiaomi penuh?

Faktor penyebab utama dari penuhnya memori pada HP Xiaomi adalah file-file berkas atau media yang menumpuk dan instalasi aplikasi atau game yang terlalu banyak.

⍰ Bagaimana melihat kalau penyimpanan sudah penuh?

Biasanya kalau penyimpanan memori sudah penuh maka akan ada peringatan di HP kamu, ini sudah umum sih jadi jangan heran kalau gak muncul. Cara lain yang bisa kamu gunakan seperti mengecek menggunakan aplikasi pembersih bantuan (dimana pasti ada sebuah fitur untuk mendeteksi “apa saja” yang membuat sesak penyimpanan HP)

⍰ Kenapa Penyimpanan Xiaomi selalu penuh padahal aplikasi sedikit?

Bisa jadi karena menumpuknya Cache, kalau kamu baca cara no.2 diatas mungkin akan paham. Dimana sebuah cache itu akan menumpuk seiring waktu jika kita tidak membersihkannya, bahkan satu aplikasi bisa menyimpan ratusan MB cache kalau kamu benar-benar mengabaikannya.

⍰ Apa yang terjadi jika Memori internal Xiaomi penuh?

Ada beberapa dampak yang akan kamu alami jika penyimpanan di HP kamu penuh, seperti Aplikasi yang akan sering terhenti/ macet, HP yang tiba-tiba menjadi lemot, Gagal melakukan update aplikasi karena penuhnya penyimpanan, Baterai menjadi lebih boros, dan HP Xiaomi kamu akan gampang panas/ overheat.

Penutup

Terkadang kita mungkin menganggap sepele memori penyimpanan yang penuh ini, tetapi nyatanya ini sangat mengganggu. Seperti ketika kita ingin memasang sebuah aplikasi baru dan gagal karena penyimpanan penuh, atau hal ini juga bisa berpengaruh pada performa dari HP Xiaomi kita, dan beberapa masalah lainnya.

Tetapi setidaknya sampai sini mungkin kamu sudah mendapatkan solusi dari beberapa cara membersihkan penyimpanan xiaomi diatas, yang bisa diandalkan untuk menjaga HP xiaomi kamu agar lebih lega memori internalnya.

Begitu saja tentang tutorial kali ini, semoga tips dan cara untuk membersihkan penyimpanan xiaomi yang penuh diatas bisa berguna. Terimakasih!

Related Posts

Posting Komentar